persekutuan

Enjoy Aja Lagi

Beberapa waktu lalu saya terima teks digital tulisan seorang direktur lembaga survei yang sangat populer, dan namanya juga mirip figur populer di dunia maya, yang mirip nama teman SD-SMP saya: […]

Komuni Pendosa

Pernah dengar orang merasa tak layak masuk tempat ibadat karena hidupnya yang gelap berlumuran lumpur dosa? Pernah tahu ada orang Katolik yang tak mau berkomuni karena merasa diri tak pantas […]

Mohon Penjelasan Pak Pulisi

Kita tahu, bukan cuma cabe yang bisa jadi pedas, melainkan juga kata-kata. Bukan hanya cabe-cabean yang rasanya hambar (tergantung bahannya juga sih sebetulnya: coklat, keju, kayu, atau plastik, misalnya), melainkan […]

Pastor Tukang Bikin Misa

Sewaktu masih sebagai frater saya pernah menerima telpon dari mahasiswi yang bertanya apakah saya bisa bikin misa. Ya saya jawab tidak bisa sembari dalam hati heran bukan main: ini mahasiswi […]

Modal Duit Saja Gak Cukup

Nasihat Gamaliel keren abis: jangan gegabah menumpas gerakan (spiritual). Ya kalau gerakan itu memang sesat, kalau bener-bener mediasi Allah yang autentik bagaimana? Malah kita yang melawan Allah dong jadinya (meskipun […]

Faith: Always Inclusive

Kalau dipikir-pikir, Yesus itu sableng juga ya. Di tengah-tengah suasana serius mencekam, dia masih bisa saja melontarkan pernyataan yang gimana gitu. Saat perjamuan terakhir, dia bilang bahwa seorang di antara […]