Per Mariam ad Iesum

Maria pergi bukan sebagai anak muda umumnya yang plesir ke luar negeri dan mengunjungi teman untuk menyenangkan diri, melainkan untuk menginformasikan diri. Informasi diri ini rupanya ditangkap bukan pertama-tama dari mulut Maria, melainkan dari reaksi bayi dalam kandungan Elisabet. Kata seorang filsuf: yang sama mengenal yang sama. Yang kelihatan memang Elisabet dan Maria, tetapi yang sesungguhnya menjadi alasan kegembiraan adalah perjumpaan dua nabi besar dalam potensi kehidupan mereka dalam kerahiman Allah. Kegembiraan itu menyingkirkan segala rasa lelah dan tangan pun tak menjadi lesu.

Perjumpaan penting ini dirumuskan dalam doa Katolik: Salam Maria, penuh rahmat, Tuhan sertamu. Terpujilah engkau di antara wanita dan terpujilah buah tubuhmu, Yesus. Akan tetapi, tentu saja rumusan itu tidak menunjukkan hubungan kausalitas, alasan pujian kepada Maria.  Mengapa Maria terpuji? Karena buah tubuhnya, Yesus! Hal ini tentu tak terpahami bagi mata telanjang, tetapi dalam iman jelaslah bahwa segala salam pujian dan kegembiraan dalam perjumpaan itu terjadi pertama-tama karena bayi yang terkandung dalam rahim kedua perempuan itu: dari dalam.

Visitation LMonacoOleh karena itu, pujian kepada Maria pada akhirnya mengarah pada Kristus. Juga segala devosi kepada Maria selayaknya mengantar orang kepada Yesus Kristus: per Mariam ad Iesum (melalui Maria kepada Yesus). Singkatnya, devosi pada bulan Maria ini pun baik direfleksikan apakah sungguh semakin mengantar umat beriman kepada pengenalan akan Yesus Kristus. Jika tidak, barangkali ia keliru menjalankan devosinya. Doa-doa rosario yang menyodorkan misteri Kristus hanya akan mengantar orang pada kesalehan pribadi jika tidak membuka hati dan budinya pada relasi pribadi dengan Kristus. Bahkan lebih parah lagi, devosi kepada Maria bisa menjadikan Maria sebagai idol, sama seperti orang bisa menjadikan rosario sebagai jimat!


PESTA SP MARIA MENGUNJUNGI ELISABET
(Sabtu Paska VI)
31 Mei 2014

Zef 3,14-18
Luk 1,39-56

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s