Pintar Tanpa Cinta?

Tak perlu menyalahkan Jokowi karena menyediakan Kartu Sehat dan Kartu Pintar tetapi tidak menyediakan Kartu Cinta. Bukan apa-apa, tidak semua hal perlu dan bisa dikartukan! Akan tetapi, kalau orang hanya mengejar kesehatan dan kepintaran dan tak melihat cinta di dalamnya, ia layak mendapat kartu kuning dalam hidupnya.

Sepandai-pandainya filsuf omong mengenai cinta, jika ia tersengat virus cinta dan sampai jatuh, filsafatnya bisa jadi amburadul gak jelas juntrungannya. Atau, bisa jadi dia sendiri mengalami kontradiksi dalam hidupnya. Berkobar-kobar omong soal karakter, tapi hidupnya sendiri tanpa karakter. Demo melawan kapitalisme, tapi untuk demo sendiri orang memakai produk-produk kapitalis. Sepandai-pandainya anak dalam pelajaran kimia-fisika-matematika, tidak berarti ia pandai membawakan diri di hadapan teman yang disukainya. Orang bisa galau kehilangan arah, disorientasi atas hidupnya sendiri jika mengabaikan cinta.

Bacaan hari ini menyodorkan sosok cinta yang memberi orientasi. Metaforanya ialah gerombolan domba yang tak punya gembala: waton berjalan dan menggerakkan mulutnya ke sekeliling. Syukur kalau ada rumput bagus, kalo gak ada ya paling gak udah usaha! Mengantuk ya tidur, waktunya makan ya makan (makan apa?!), waktu ngantor ya pergi ke kantor, dan seterusnya. Pokoknya hidup ini mengalir aja dah!

Gembala tahu tempat mana yang baik bagi domba-dombanya dan sang gembala itu menggiring domba-dombanya ke sana. Cintalah yang memberi orientasi orang untuk mengisi aliran hidupnya, bukan sekadar asal mengalir. Repotnya, kata ini bisa dipermainkan oleh kepintaran orang untuk aneka macam objek: cinta uang, cinta buta, cinta jabatan, cinta monyet…

Semoga Cinta itu semakin manusiawi dan memberi orientasi pada setiap momen hidup kita. Amin.


SABTU ADVEN I
6 Desember 2014

Yes 30,19-21.23-26
Mat 9,35-10,1.6-8

1 reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s