Basic Attitude toward Conversion

Yak 1,1-11
Seperti Santo Paulus mengalami konsolasi dalam segala penderitaannya (2Kor 7,4), Surat Yakobus juga menyodorkan anjuran justru untuk bergembira jika masuk dalam cobaan. Mengapa? “Sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan…supaya kamu menjadi sempurna dan utuh…”

Mrk 8,11-13
Untuk mencobai Yesus, orang Farisi meminta satu tanda. Mendengar itu Yesus menghela nafas dalam-dalam dan menyatakan bahwa kepada generasi itu tidak akan diberi suatu tanda.


Tanda, ID Card misalnya, memang penting untuk mengidentifikasi sesuatu. Dapat dimaklumi bahwa orang Farisi meminta tanda dari Yesus (jangan-jangan Yesus cuma orang gila seperti yang lain-lainnya). Mengapa Yesus malah menghela nafas panjang ketika dimintai tanda dan mengatakan bahwa tidak akan diberikan tanda kepada generasi ini? Bukankah dengan memberi tanda yang diminta orang Farisi itu ia bisa meyakinkan mereka bahwa dialah Mesias itu? Beri saja toh, apa susahnya?

Justru di situlah persoalannya. Basic attitude orang Farisi tidak memungkinkan mereka untuk menangkap tanda dari surga. Mereka hanya mau tanda yang cocok dengan pikiran mereka mengenai mesias. Yesus adalah tanda dari surga yang hidup, yang mengundang orang untuk bertobat. Farisi identik dengan kedangkalan, kemunafikan, legalisme: mereka lebih memilih proyek kesucian narsisistik daripada proyek pertobatan Mesias.

Di hadapan godaan dan cobaan, orang memang disodori pilihan: mengejar kesucian diri sendiri atau bertekun dengan gembira dalam on going conversion.

Senin Biasa VI A/2
17 Februari 2014

2 replies

  1. Cara pengajaran Yesus yang seringnya dengan analogi jadi mirip teka-teki buat orang yang mau bersusah menelaahnya. Padahal entitasnya long lasting, melintasi jaman. Surga nggak bisa dikapling buat orang atau sekelompok orang tertentu, kan? I love Monday.

    Like

    • Iya Nge… di surga mungkin juga gak ada kapling sih… Konon Yesus ke sana duluan utk mengkapling surga buat kita, tapi selidik punya selidik, ternyata kapling utk semua orang…

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s