He’s The Lord of All…

Im 19,1-2.17-18
Ayat-ayat awal dan akhir dari rangkaian sepuluh perintah Allah ini menunjukkan kehendak Allah terhadap umat-Nya: supaya mereka kudus sebagaimana Allah kudus adanya dengan jalan mengasihi sesama. Ini adalah pokok pertama dalam rumusan azas dan dasar: tujuan hidup kita bukan untuk menjadi baik, sukses, sempurna dalam ukuran dunia melainkan untuk ada bersama Dia, yaitu bekerja bersama-Nya, berjuang bersama-Nya dalam status hidup apapun.

1Kor 3,16-23
Otoritas Gereja pada hakikatnya hanya mengikat hati nurani anggotanya, maka tidaklah cukup memahami Gereja sebagai suatu organisasi yang kinerjanya diukur dengan efektivitas dan efisiensi belaka. Paulus mengingatkan bahwa kebijaksanaan dunia ini tak bisa dipadankan dengan kebijaksanaan Kristus. Yang efisien dan efektif tidak selalu berarti bijak di mata Allah.

Mat 5,38-48
Lagi, Yesus menyodorkan dua cara pandang terhadap aturan Hukum Taurat: kulit dan isi, luar dan dalam, surface meaning dan deep meaning, selera dan prinsip. Hukum balas membalas tidak perlu dipahami secara letterleijk sebagai mata ganti mata, gigi ganti gigi, nyawa ganti nyawa, melainkan lebih dalam dari itu: bahwa orang mestilah menghargai kehidupan orang lain, kepentingan orang lain.


Menjadi sempurna seperti Bapa di surga sempurna adanya (Mat 5,48) berarti menjadi suci seperti Bapa di surga suci adanya (Im 19,2). Tolok ukurnya bukan efisiensi dan efektivitas, melainkan kasih terhadap sesama yang mencerminkan sifat Allah yang menjadi Bapa bagi semua orang. Dengan demikian, bentuk-bentuk arogansi yang menunjukkan eksklusivitas, rasisme, chauvinisme, sukuisme, fanatisme agama, kesenjangan sosial yang tak adil tidaklah klop dengan semangat warta gembira ini.

HARI MINGGU BIASA VII A/2
23 Februari 2014

2 replies

  1. Pingback: | Jesuit Perhati

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s