Dio, dammi la mano…

Yak 5,13-20
Jika ada seorang dari kalian yang menderita, baiklah ia berdoa. Kalau ada seorang yang bergembira, baiklah ia menyanyi. Kalau ada seorang di antara kamu yang sakit, baiklah ia memanggil para penatua jemaat, supaya mereka mendoakan dia serta mengolesnya dengan minyak dalam nama Tuhan. Doa yang lahir dari iman akan menyelamatkan orang sakit dan Tuhan akan membangunkannya; dan jika ia telah berbuat dosa, dosanya itu akan diampuni…

Mrk 10,13-16
Biarkan anak-anak itu datang kepada-Ku, jangan menghalang-halangi mereka, sebab orang-orang seperti itulah yang empunya Kerajaan Allah. Aku berkata kepadamu, sesungguhnya barangsiapa tidak menyambut Kerajaan Allah seperti seorang anak kecil, ia tidak akan masuk ke dalamnya…

Lagu Giuseppe Povia (baca: Juseppe Povia) dengan judul Quando i bambini fanno ‘ooh’ (ketika anak-anak berujar keheranan ‘ooh’) mungkin cocok menjadi jembatan bacaan pertama dan bacaan Injil hari ini. Lirik yang digarisbawahi oleh stasiun TV Rai Uno berarti: berikan/ulurkanlah tanganmu (bantulah aku), kenapa kamu biarkan aku sendiri? Kamu kan tahu, seseorang tak bisa sendirian, tanpa orang lain, menjadi manusia. Dengan kata lain, orang bergantung pada pihak lain untuk benar-benar menjadi manusia.

Lagu ini mengisahkan betapa orang dewasa telah kehilangan kapasitas untuk menangkap aneka realitas sebagai sesuatu yang wow, awesome. Orang dewasa sudah mengenyam aneka macam hal dan pengetahuan yang membuat mereka otonom dan tak merasa memerlukan ketergantungan ala anak-anak kecil lagi.

Ajakan Yesus untuk menyambut Kerajaan Allah seperti anak kecil menunjuk inti bacaan pertama. Memang isinya mengenai nasihat bagaimana jika orang sakit atau sedang bergembira, tetapi hakikatnya ialah umat beriman diminta untuk menggantungkan hidupnya kepada Tuhan sendiri, bukan aneka kepastian. Sharing Rm. Teguh berikut ini menjadi ilustrasi yang baik mengenai bagaimana orang menggantungkan hidupnya.

Doa

SABTU BIASA VII A/2
1 Maret 2014

1 reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s