Matinya Empati Kami

JUMAT PRAPASKA II

Kej 37, 3-4.12-13a.17b-28
Israel lebih mengasihi Yusuf dari semua anaknya yang lain…. Suatu kali saudara-saudaranya pergi menggembalakan domba… Yusuf mencari mereka dan mendapati mereka di Dotan… Tetapi sebelum ia dekat pada mereka, mereka telah bermufakat mencari daya upaya untuk membunuhnya…. Ketika Ruben mendengar hal ini, ia ingin melepaskan Yusuf dari tangan mereka, sebab itu katanya: “Janganlah kita bunuh dia!”…. kafilah orang Ismael datang dari Gilead…dalam perjalanannya…ke Mesir; kepada mereka dijual Yusuf seharga dua puluh syikal perak. Lalu Yusuf dibawa mereka ke Mesir.

Mat 21,33-43.45-46
Ada seorang tuan tanah membuka kebun anggur… Ketika hampir tiba musim petik, ia menyuruh hamba-hambanya kepada penggarap-penggarap…untuk menerima hasil yang menjadi bagiannya. Tetapi penggarap-penggarap itu menangkap hamba-hambanya: mereka memukuli yang seorang, membunuh yang lain… Akhirnya ia menyuruh anaknya kepada mereka…tetapi mereka menangkapnya dan melemparkannya ke luar kebun anggur itu lalu membunuhnya.” …Ketika imam-imam kepala dan orang-orang Farisi mendengar perumpamaan-perumpamaan Yesus, mereka mengerti, bahwa merekalah yang dimaksudkan-Nya.

Yesus rupanya sosok pencerita yang baik; logika ceritanya ditangkap orang dengan sangat baik sesuai dengan yang dimaksudkannya. Imam-imam kepala dan orang-orang Farisi mengerti hal itu, logika mereka oke. Akan tetapi, rupanya ada masalah dengan empati mereka: mereka tetap bersekongkol untuk membunuh Sabda Allah sendiri.

Bacaan pertama menggiring simpati pembaca kepada tindakan yang dibuat Ruben, yang membatalkan persekongkolan adik-adiknya untuk membunuh adik mereka yang paling kecil. Yusuf tetap dicederai, tetapi tidak jadi dibunuh, dan Tuhan ‘menyiapkan skenario lain’ untuk keselamatan Israel. Kisah penggarap kebun anggur rupanya tak mampu mengarahkan simpati pendengar yang gelap mata: bukannya bertobat, malah bersekongkol untuk membunuh Sabda Allah dalam diri mereka.

1 reply

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s