Who Is God For Me?

Hidup Yesus pada hari-hari terakhir tampaknya dijungkirbalikkan oleh Yudas dan Pilatus, meskipun dua orang itu sebenarnya juga cuma sekadar bagian konspirasi “para imam kepala, orang Farisi, tetua-tetua Yahudi”. Sosok Yudas seringkali disudutkan sebagai pengkhianat, tetapi kalau ditilik tanggapan Yesus terhadapnya, ada hal yang pantas diperhatikan secara serius. Saat Yesus memberitahukan soal adanya orang yang akan menyerahkan Yesus, tak ada nuansa tuduhan bahkan meskipun Yesus mengatakan kepada Yudas: engkau sendiri telah mengatakannya (Mat 26,25). Menurut ahli eksegese rujukan blog ini, ungkapan itu kurang lebih bernada, “Coba kamu pikir-pikir lagi apa yang sebenarnya sedang kamu lakukan!” (Ungkapan serupa dikatakan dalam interogasi di depan imam agung dan Pilatus)

YUDAS NAIF

Yudas sebenarnya ingin punya relasi dengan penguasa, bukan untuk mencelakakan Yesus. Ia mungkin berpikir toh Yesus nanti bisa menghindari penangkapan. Ia kan orang hebat! Yudas punya persepsi sendiri mengenai Yesus dan rupanya persepsi itulah yang membuat Yudas celaka. Dia salah satu orang dekat Yesus tetapi tak mau melihat siapa dia dan makin menutup hati dan pikiran sendiri. Sudah tiga kali Yesus bilang bahwa ia akan mengalami sengsara dan mati dan bangkit. Memang gitulah jalannya; tapi para murid gak paham.

Yudas bukan hanya gak paham, melainkan juga gak mau memahaminya. Ia mau untung dengan perhitungan sendiri, dan dengan begitu menyepelekan kebijaksanaan ilahi. Maka, kalau Yesus mengatakan “celakalah orang yang olehnya dia diserahkan; lebih baik baginya sekiranya ia tidak dilahirkan”, maksudnya ialah bahwa tindakan orang itu (Yudas) sebetulnya gak bakal mengubah jalan yang ditempuh Yesus. Tragisnya, Yudas baru sadar setelah terlambat. Ia pikir masih bisa membatalkan yang terjadi dengan mengembalikan 30 perak, tapi gak ngefek. Ia makin terkurung dalam dirinya sendiri.

Kebanyakan orang kristen mungkin naif seperti Petrus yang menyangkal Kristus atau lari meninggalkan-Nya tetapi ‘masih okelah’ tindakan seperti itu tidak mendahului tindakan ilahi. Orang-orang seperti itu bisa ditolong untuk kembali. Tetapi dia yang mendahului tindakan ilahi atau mau mengurungkannya tidak bakal tertolong!

PILATUS GOLPUT

Dikisahkan bahwa istri Pilatus semalaman gelisah bermimpi dan esok harinya mengirim pesan kepada suaminya agar jangan mencampuri perkara Yesus, “orang yang benar” itu. Ini merupakan petunjuk Matius untuk menengok kembali nasib tragis Yudas. Dengan menyerahkan Yesus Yudas ikut terlibat “mencampuri perkara orang yang benar”, lalu celaka. Seberapa jauhkah Pilatus ikut campur? Sekalipun ia ikut campur, semua yang terjadi pada Yesus sebetulnya terjadi bukan karena Pilatus. Tampaknya Pilatus justru diperlihatkan sebagai tokoh konyol karena membiarkan diri dimanipulasi oleh pemuka-pemuka Yahudi.

YESUS MANUSIA BARU: PHP?

Ada perkembangan menarik mengenai bagaimana Yesus menampilkan dirinya. Pada awal dia membuat aneka tindakan luar biasa yang hanya bisa dibuat nabi. Lama-lama bahkan Petrus mengakui Yesus pastilah lebih dari sekadar nabi seperti yang sudah-sudah. Pada saat itu justru Yesus mulai menampilkan diri berbeda dari apa yang digambarkan oleh para murid. Ia mulai bicara soal penderitaan dan kematiannya; sesuatu yang benar-benar tak terbayangkan oleh para murid!

Maka, barangkali ketika Yesus masuk ke Yerusalem dengan perarakan luar biasa, ia melihatnya secara berbeda. Ini seolah-olah menunjukkan gap, perbedaan antara apa yang ditawarkan Allah dan apa yang diinginkan orang. Akibatnya, dari sudut pandang manusia, Yesus cenderung ditangkap sebagai pemberi harapan palsu (padahal manusia sendiri yang memelihara harapan semu), kasian deh

 palm_sunday_people

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s