Receive in Giving?

Tak ada kasih yang lebih besar daripada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya. Orang Kristen tahu bahwa kalimat ini dilekatkan pada bibir Yesus dalam bacaan Injil hari ini dan asosiasi orang bisa segera melayang ke peristiwa salib Yesus. Maklum, itulah puncak pemberian diri Yesus.

Akan tetapi, mungkin orang gak langsung ngeh bahwa jika ada puncak, ada lereng. Pemberian diri Yesus itu sudah dilakukannya sebelum ia berada pada puncak Golgota. Ia gak akan sampai puncak Golgota kalau ia tidak menitinya sejak awal. Lha, sebaliknya, kalau sampai di puncak Golgota tetapi tanpa proses pemberian diri sejak awal, ia sama dengan penyamun dan pemberontak yang disalib di sana. Sudah ribuan orang disalibkan dan mungkin gak ada seorang pun dari ribuan orang itu yang disalibkan karena pemberian diri!

So what njuk ngopo trus kenapa gituloh?
Ya berarti kematian di salib hanyalah konsekuensi pemberian diri itu atau salah satu wujud pemberian dirinya. Ini bukan soal heroisme pemberontak. Yesus sungguh memberikan diri sejak awal dan pemberian dirinya memuat pertaruhan nyawa.

Memang tidak semua orang dipanggil untuk menjadi martir dengan darahnya, tetapi darah ‘hanyalah’ salah satu konsekuensi pemberian diri tetapi, sayangnya, semua pengikut Kristus sama-sama diminta untuk memberikan diri alias mencinta. Hanya dengan begitu orang bisa jadi saksi Kristus yang kredibel sebagaimana Paulus dan Barnabas yang mempertaruhkan nyawa mereka.

Seandainya saja semua orang di dunia ini lebih berfokus pada pemberian diri daripada pemenuhan diri… olala…. Apa lacur, tampaknya sih lebih banyak orang berfokus pada apa yang didapat dengan menjadi PNS, anggota partai, legislatif atau aparatur negara lebih dari apa yang bisa disumbangkan bagi bangsa! Kyrie eleison!

Apa bedanya “do ut des” (memberi supaya menerima) dan “dalam memberi aku menerima”? Tindakannya bisa sama, tetapi motif dan tujuannya beda; hasilnya pun bakal beda bagi pelakunya.


JUMAT PASKA V
23 Mei 2014

Kis 15,22-31
Yoh 15,12-17

1 reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s