Menyoal Quick Count

Saya awam dalam statistik dan posting ini membantu awam untuk melihat validitas quick count. Terima kasih dan mohon maklum saya reblog saja.

VERONIKACLOSET

INTRO – ~ Proses pemilihan umum 2014 ini sungguh melelahkan. Kecurangan dan dan kampanye hitam yang sangat masif, penggunaan isyu ras dan agama, dls terus saja menyerang calon nomor dua – Jokowi – JHK.  Titik panas berikutnya adalah pada saat 8 lembaga survei memenangkan Jokowi – Jk dalam hitung cepat atau quick count sesusai pencoblosan, 9 Juli yang lalu.  Calon nomor satu menafikan hasil hitung cepat  8 lembaga tersebut dan mengklaim kemenangan dirinya berdasar 4 lembaga survei yang lain.  Penalarannya menjadi jungkir balik, karena pada saat yang sama ia mempercayai lembaga survei yang memenangkan dirinya dan menayangkannya di televisi yang mendukung pencalonannya.

Hasil blusukan  di berbagai grup diskusi dunia maya saya menemukan 2 link yang sangat berguna. Ulir pertama tulisan Merlyna Lim, seorang pakar ststitik berkengsaan Indonesia yang bekerja di Arizona State University tetang Quick count. Perempuan cerdas ini pernah diwawanca Kick Andy padaJumat, 14 januari 2011 bertajuk“Berjaya di Negeri…

View original post 1,709 more words