Romo itu misa setiap hari? Apa gak bosen sih?

Selama ikut perayaan Ekaristi itu, seringkali saya mengamati perilaku umat dan melihat diri sendiri. Dari pengamatan dan pengalaman ‘menjadi umat’ itu, saya sangat maklum jika banyak umat bosan, wegah-wegahan mengikuti perayaan. Mengapa? Lha wong romonya kurang menyapa umat, kotbahnya tidak lucu, bacaannya panjang, nyanyiannya itu-itu saja dan bawaannya lemes. Tentu masih ada banyak alasan lain untuk menjadi bosan dengan perayaan Ekaristi. Di lain pihak, sebagai romo yang memimpin misa pun saya juga bisa punya rasa wegah jika mendapati umat wegah-wegahan dalam menjawab sapaan imam, wajah lesu, plonga-plongo, ngelamun, dan sebagainya.

Akan tetapi, kemungkinan bosan itu bisa saya kurangi karena, ndelalahnya, saya baca dulu teks kitab suci yang akan dipakai dalam misa; saya mencari pesan, merenungkannya pertama-tama untuk diri saya sendiri. Jika memimpin Ekaristi, saya tinggal melanjutkan refleksi dan membagikannya kepada umat lain.

Meskipun begitu, yang membuat saya tak bosan dengan Ekaristi bukan berkotbahnya. Saya senang hadir bersama umat lain. Meskipun tidak kenal setiap umat, saya melihat umat sebagai saudara dengan satu kepentingan: merayakan iman akan Yesus Kristus, bersama-sama. Lha, kalau umat stasi atau lingkungan atau paroki saling kenal, mungkin konsep mangan ora mangan asal kumpul justru bisa membuat Ekaristi tak membosankan.

makan1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Fokusnya bukan kor, kotbah, hosti, tata liturgi, kepentingan individu, melainkan perayaan iman bersama-sama. Kalau ini tidak dialami, barangkali salah satu alasannya ada di keluarga: gak pernah makan bersama sih (padahal Ekaristi kan asal muasalnya dari makan bareng itu)… Makan bersama lama-lama bisa membantu orang untuk “makan bersama”…artinya: perjumpaan, kebersamaan yang kualitatif.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s