Ganti fokusnya, Bray!

Bisa jadi orang sakit meninggal di rumah sakit bukan karena sakitnya tak bisa disembuhkan, melainkan semata karena menunggu urusan administrasi rumah sakit. Mungkin bisa dimaklumi prosedur operasi pasien menuntut adanya pihak yang bertanggung jawab atas operasi yang mesti dijalankan. Jika tak ada pihak itu, mungkin pasien terkatung-katung sampai meninggal. Setelah itu, orang bisa jadi berkomentar, “Tak ada orang yang bisa melawan takdir.” Mungkin sudah begitulah takdir Tuhan!

Tapi, apa betul Tuhan memaksudkan orang mati karena keteledoran manusia? Kalau begitu, apa gak jadi absurd hidup dalam kepercayaan kepada Allah yang compassionate dan merciful itu ya?

Hari ini Yesus yang diamat-amati orang Farisi itu menunjukkan konsistensinya bahwa hukum yang terutama adalah hukum kasih kepada Allah dan sesama. Aneka macam hukum turunannya tetap mesti mengacu pada hukum yang tertanam dalam hati setiap orang. Lha bagaimana dengan mereka yang suara hatinya tumpul atau sesat? Ya dibantu mengasah, bukan memaksa.

Orang yang didominasi kekhawatiran atau ketakutan, kemungkinan besar berfokus pada prosedur atau sistem protokoler semata: khawatir semua orang bakal seenaknya, takut kewibawaannya merosot, takut kekuasaannya hilang, dan sebagainya. Yesus berfokus pada compassion dan mercy yang semestinya lebih ditonjolkan kepada mereka yang menderita. Pertama, dia tanya: boleh gak menyembuhkan orang sakit (=bekerja) pada hari Sabat? Tidak ada jawaban. Kedua, dia tanya lagi: kalo seorang anak terkena celaka pada hari Sabat, apa tidak sebaiknya kita membantunya?

Singkatnya, fokus pada pertanyaan positif kok sepertinya lebih positif ya: alih-alih bertanya “boleh gak ya bla bla bla”, kiranya rumusan “apa yang bisa kita buat supaya bla bla bla” lebih dekat pada perwujudan compassion dan mercy Allah. Keduanya tetap mempertimbangkan aspek hukum, tapi fokusnya beda, Bray…


JUMAT BIASA XXX A/2
31 Oktober 2014

Fil 1,1-11
Luk 14,1-6

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s