Bisnisku Bukan Bisnismu

Andaikan Santo Paulus datang dalam mimpi dan bertanya, “Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah Bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu?” (1Kor 3,16) apa kiranya jawaban Anda?
Kalau saya sih jawab,”Ya tahulah, tapi itu kan seharusnya, idealnya” dan Paulus akan meradang,”Itu bukan idealnya, tapi itulah kenyataannya!”

Lho, kalau kenyataannya begitu, kok dari dulu saya ini orangnya gampang marah, berkata kotor, iri hati, cemburu, suka gosip, malas setengah mati, dan korup? Apa memang Bait Allah itu tempat orang korup?!

Jawab Paulus,”Lha ya memang!”

Hadeeeeeh! Tepok jidat deh. Baca refleksi harian aja dah puyeng, ini ditambah ngimpi ketemu Paulus dan omongannya lebih susah lagi dimengerti ternyata!

Sebetulnya sih gak susah dimengerti kalau bacaan Injil hari ini dimengerti. Yesus kan mengusir semua pedagang di Bait Allah. Artinya, kesucian Bait Allah, gereja, masjid, pura, vihara itu tidak terletak pada bangunannya sendiri, tetapi pada bagaimana bangunan itu difungsikan!

Analog dengan itu, meskipun Anda adalah Bait Allah, itu hanya menyatakan bahwa Anda adalah medan, locus, tempat perjumpaan Allah dengan hidup Anda sendiri, dan hidup orang lain. Lha, itu tidak berarti bahwa sebagai situs perjumpaan itu Anda bersih dari aneka macam korupsi: dalam diri itu Anda membawa kerapuhan, agenda tersembunyi, dendam kesumat yang seperti sekam menyala, bisnis status quo yang nyaman, dan sebagainya.

Artinya, dalam diri kita memang ada karakter tertentu yang berinteraksi dengan Roh Allah sendiri tetapi juga di situ masih potensial Roh Jahat bersemayam sehingga aneka perang batin dimungkinkan.

Jika Gereja Katolik mengundang kita untuk memperingati Santa Perawan Maria dipersembahkan di Bait Allah, itu juga berarti kita diundang untuk menyerahkan aneka karakter, agenda tersembunyi, bisnis dan kerapuhan tadi ke dalam rengkuhan kekuatan Allah sendiri, bukan justru kepada Roh Jahat. Lha… ujung-ujungnya pembedaan roh atau discernment deh!


JUMAT BIASA XXXIII A
Peringatan Wajib SP Maria
Dipersembahkan di Bait Allah
21 November 2014

Why 10,8-11
Luk 19,45-48

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s