Raja Berkuping Lebar

Film scifi Interstellar membuka wawasan pengetahuan kita mengenai dimensi ruang-waktu (yang dalam hitungan matematis pun tidak bersifat linear), tetapi juga mengusik perhatian kita pada kemungkinan dunia setelah kematian dan relasinya dengan hidup kita dalam dimensi ruang waktu ini. Kristus Raja Semesta Alam dirayakan oleh Gereja Katolik hari ini dan perayaan ini membantu kita untuk memberi pemaknaan pada pernak-pernik kehidupan seperti disodorkan film Interstellar itu.

Salah satu hal yang bisa saya hubungkan dengan bacaan Injil hari ini ialah kapasitas raja yang menantang orang untuk keluar dari diri dan mendengarkan orang lain. Di kedalaman batin orang bergejolak teriakan yang senantiasa butuh didengarkan, bukan karena kepentingan egoistik orang yang perlu didengarkan, melainkan karena kepentingan lain yang bersifat partisipatif terhadap proyek Kristus sendiri. Cooper, pilot NASA yang menjalankan misi pencarian planet baru bagi manusia berupaya menyampaikan pesan kepada Murphy, anak bungsunya, melalui sandi morse dengan menjatuhkan buku-buku pada rak (yang di awal film diinsinuasikan sebagai perbuatan hantu).

Blusukan, yang menuai dukungan dan kritik, terlepas dari kepentingan yang dibawanya, memberi kemungkinan orang untuk berjumpa dengan orang lain. Dengan perjumpaan itu orang bisa bercermin mengenai orientasi hidupnya sendiri dan mengambil keputusan: membuka diri pada kepentingan orang lain atau menutup diri dalam proyek individualistik. Semakin orang tak terjebak pada proyek individualistik, semakin ia maju dalam partisipasinya untuk merealisasikan Kristus sebagai Raja Semesta Alam: membuka telinga lebar-lebar terhadap kebutuhan sesama dalam konteks kepentingan bersama.


HARI RAYA KRISTUS RAJA SEMESTA ALAM
Minggu, 23 November 2014

Yeh 34,11-12.15-17
1Kor 15,20-26.28

Mat 25,31-46

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s