Iman Doraemon

Membaca berita-berita di koran tidak senantiasa memberi penghiburan: selalu saja ada problem, kecelakaan, kekurangan, pertengkaran, bencana, dan apa saja yang menggarisbawahi parsialitas hidup manusia. Parsialitas itu apa toh? Di kamus bahasa Indonesia gak ada tuh! (Ya cari di kamus lain dong!)

Tiap orang punya kesenangannya sendiri-sendiri dan kadang kesenangan ini mendominasi pikiran dan pertimbangannya untuk memutuskan atau memilih sesuatu. “Warga sekitar Merapi itu ya gimana sih, sejak dulu dah diminta pindah tetep aja ngotot balik ke rumah yang rawan bencana!” Orang berpikir bahwa ngotot kembali tinggal di dekat pucuk Merapi itu adalah tindakan bodoh. Padahal, yang bolak-balik pergi ke tempat mengungsi mungkin lebih menikmati hidupnya dengan cara itu.

Apapun preferensi orang, senantiasa menunjukkan parsialitas tadi: orang lebih sukak yang ini lebih dari yang lain. Repotnya, kesukaan itu tidak selalu berarti oke bagi yang lain dan malah bisa memicu pertengkaran atau peperangan. Bayangkanlah komplotan perampok uang negara ini yang diam-diam mengadakan perlawanan; juga para nelayan asing yang sekarang ini mulai merasakan ada masalah dengan perairan Indonesia.

Selalu ada hal yang kurang dalam parsialitas hidup manusia. Lubang itu tak bisa ditutup dengan parsialitas yang lain karena justru mungkin bisa memantik perang bubat. Parsialitas diatasi dengan semangat “tiada rotan akar pun jadi”, bukan dalam arti hopeless atau putus asa, melainkan dalam arti bahwa yang fana ini mesti menemukan kepenuhannya dalam yang baka.

Ini mengarahkan kita pada pesan la vita è bella: hidup boleh tampak hancur, tetapi kebahagiaan kekal tak pernah bisa hancur ketika orang bisa memaknai kesusahan yang dialaminya dalam harapan dan terang kebangkitan.


SELASA BIASA XXXIV
25 November 2014

Why 14,14-19
Luk 21,5-11

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s