Sabar, Brow!

Patience is bitter, but its fruit is sweet. Konon begitulah kata Aristoteles.

Hari ini saya mendapat pesan dari seorang teman lama bahwa ia terpaksa meng-unfriend saya dari pertemanan facebook lantaran orang lain punya masalah dengan itu. Praktis saya tidak butuh waktu lama untuk memberi tanggapan positif terhadap courtesy yang disampaikannya kepada saya. Saya sendiri tidak merasa diserang, dan tanpa menjadi begitu kepo tentang problem pertemanan facebook itu (mungkin suatu saat saya akan tahu), saya mendoakan supaya ia sendiri tidak merasa bersalah dengan problem seperti ini. Pertemanan facebook bukan segala-galanya tentang pertemanan dan alangkah naifnya orang bermain facebook seolah-olah mati hidup pertemanannya ada pada facebook.

Alangkah senangnya kalau saya boleh mengalami dibenci orang karena status hidup yang saya pilih. Ini hanya secuil penderitaan, kalau bisa disebut begitu, dari yang digambarkan oleh bacaan hari ini. Para murid yang hidup pada masa pemerintahan Kaisar Nero mengalami betul apa yang dituliskan di situ: kamu akan diserahkan juga oleh orang tuamu, saudara-saudaramu, kaum keluargamu dan sahabat-sahabatmu dan beberapa orang di antara kamu akan dibunuh dan kamu akan dibenci semua orang oleh karena nama-Ku. Ada yang dibakar sebagai obor penerang jalan taman kota atau dijadikan makanan singa.

Sekarang ini kiranya masih terjadi juga penyiksaan dan pembunuhan di sana-sini dan dalam situasi seperti itu, pesan bacaan hari ini relevan: by your endurance you will gain your lives atau in your patience possess your souls. Sama saja, jadi terserah pilih yang mana…


RABU BIASA XXXIV A
Peringatan St. Yohanes Berchmans SJ
26 November 2014

Why 15,1-4
Luk 21,12-19

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s