Ngapain Jadi Pertapa?

Yohanes memakai jubah bulu unta dan ikat pinggang kulit, dan makanannya belalang dan madu hutan. (Mrk 1:6)
Pasti bukan kalimat ini yang menjadi pesan utama bacaan hari ini tetapi apa mau dikata, dalam keheningan hati justru teks itu yang bicara pada saya dan imajinasi melayang ke walang goreng teman yang kulitnya bentol-bentol setelah memakan walang goreng itu.

Yohanes tampil di padang gurun tetapi banyak orang yang datang kepadanya. Orang-orang ini tidak datang untuk memberi bantuan, menyediakan fasilitas ini itu, membangunkan tempat doa atau tempat retret yang megah. Mereka datang untuk melihat dan mendengarkan ajarannya: bertobat!

Cara hidup Yohanes itu justru diletakkan pada permulaan Injil tentang Yesus Kristus. Artinya, pada cara hidup Yohanes itu ada permulaan warta gembira rohani: self-denial, ingkar diri. Mulai dari yang fisik: pakaian, makanan, Yohanes menyampaikan warta pertobatan. Ia sama sekali tidak mengajak banyak orang untuk meniru cara hidupnya.

Lha iyalah, ngapain juga jadi pertapa hari gini? Pertanyaan itu juga berlaku untuk semua ‘profesi’: ngapain juga jadi dokter, guru, bidan, teknisi atau politikus hari gini? Setiap orang tentu punya panggilan pribadinya untuk menjadi ini atau itu.

Cara hidup pertapa sendiri mengingatkan orang lain pada dimensi mistik kehidupan ini. Tanpa ingkar diri atau tindak asketis itu orang tak akan maju dalam hidup rohani dan orang yang tak maju dalam hidup rohani pun tidak utuh dalam kemanusiaannya.

Dengan mudah dipahami bahwa aneka hiruk pikuk gonjang-ganjing politik hari ini erat terkait dengan hilangnya semangat asketis atau ingkar diri pada tokoh-tokoh yang punya pengaruh terhadap hidup orang banyak. Seandainya saja tokoh-tokoh itu mengerti buah nikmat dari askese itu dan menanamkannya dalam tindakan mereka…. Ah sudahlah!


MINGGU ADVEN II B/1
7 Desember 2014

Yes 40,1-5.9-11
2Ptr 3,8-14
Mrk 1,1-8

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s