Ketika Modus Jadi Bumerang…

Di mana modus diinjak-injak, di situ ketulusan dijunjung. Dalam sejarah Indonesia kontemporer rupanya ada upaya untuk menginjak-injak modus yang sudah sejak lama merebak dan memporak-porandakan kultur politik pada setiap lapisan. Modus ini, biar bagaimanapun, berisiko menjadi bumerang bagi pelakunya. Kebenaran itu senantiasa eksis dan siap sedia untuk terkuak menerobos aneka modus, yang malah sangat mungkin saling kontradiktif, dan karenanya melemahkan modus itu.

Dalam bacaan hari ini, tokoh kita yang tengah mengajar diinterupsi oleh para ahli dan pemuka umat, yang mempertanyakan dari mana otoritas pengajarannya. Pertanyaan itu sahih, wajar ditanyakan. Akan tetapi, karena interupsi tak sopan itu bernuansa modus, membongkarnya pun tidak sulit.

Tokoh kita ini sebenarnya masih dalam suasana ‘lapar’ karena maunya makan dari buah pohon ara, tapi malah ujungnya mengutuk pohon ara jadi kering. Biasanya orang lapar cenderung bereaksi dari ketidaknyamanan ini. Akan tetapi, saking jelasnya modus para ahli dan pemuka agama ini, bahkan tanggapan terhadapnya sangat sederhana. Sudah, menurut kalian otoritas Yohanes itu asalnya dari mana, dari Tuhan atau manusia? Imam kepala dan sesepuh itu tak mau menjawab yang sebenarnya, mereka tidak mau mengakui kebenaran semata karena ingin menjunjung otoritas mereka sendiri (yang jebulnya merosot).

Kebenaran justru ditangkap oleh rakyat banyak yang tidak ambil pusing dengan wacana modus dan setia melihat buah tindakan para nabi yang begitu tulus dengan tutur kata dan tindakannya. Ketulusan seperti ini juga ditunjukkan dalam bacaan pertama: Bileam, yang semula diminta mengutuk Israel, malah melantunkan pujian syukur dan berkat bagi Israel. Ketulusan ini didapat dari cinta Allah sendiri.

Dengan kata lain, dari cinta Allah mengalir ketulusan. Dengan demikian, modus tidak mengalir dari cinta (Allah), dan akan jadi bumerang.


SENIN ADVEN III
15 Desember 2014

Bil 24,2-7.15-17a
Mat 21,23-27

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s