Tong Kosong BerbuNyi NyiNyiR….

Dua bacaan hari ini sama-sama menyajikan kisah perempuan mandul yang ternyata, karena kehendak Allah sendiri, bisa mengandung dan akhirnya melahirkan anak, yaitu Simson dan Yohanes Pemandi. Cerita tentang perempuan yang mengandung Simson berjalan mulus, gak ada problem. Cerita kedua memuat sedikit persoalan: suami perempuan mandul itu gak mau percaya pada warta utusan Allah sendiri.

Orang Yahudi tahu bahwa kerap terjadi perempuan mandul bisa melahirkan anak dan itu pertanda campur tangan Allah sendiri. Salah satunya ya kisah kelahiran Simson tadi. Akan tetapi, ketika mendengar warta malaikat Tuhan, Zakharia malah menyodorkan pertanyaan filsafat pengetahuan: bagaimana aku tahu wartamu itu benar, wong aku dah tua bangka dan istriku mandul? Pertanyaan itu tak bernuansa kerendahan hati, melainkan ketidakpercayaan. Zakharia, meskipun sedang bertugas di Bait Allah pun, ironisnya, seolah tak pernah mendengar bahwa ada preseden campur tangan Allah juga terhadap perempuan mandul.

Ketidakpercayaan Zakharia terhadap malaikat diganjar kekeluan lidahnya. Ini masuk akal: orang tuli biasanya sulit bicara. Sulit bicaranya Zakharia lebih dekat pada bisu, tetapi sulit bicara pada zaman ini juga bisa berwujud lain.

Orang yang tak mau mendengarkan, membuka telinga dan hatinya lebar-lebar, hanya akan terus menerus omong soal yang basi. Ini dikenal dengan kata nyinyir: mengulang-ulang perintah atau permintaan; nyenyeh; cerewet. Orang zaman ini bisa jadi menghayati pokok ajaran agamanya secara nyinyir persis karena tak pernah mendalami imannya sendiri. Baru ngerti satu dua hal sudah merasa seolah-olah tahu segala-galanya. Mungkin memang begitu dalilnya: makin nyinyir, makin cetek, makin dangkal.

Ya Allah, mohon rahmat supaya kami tidak jatuh dalam kedangkalan hidup rohani karena kemalasan kami untuk terlibat mewartakan kabar gembira-Mu. Amin.


HARI KHUSUS ADVEN
Jumat, 19 Desember 2014

Hak 13,2-7.24-25a
Luk 1,5-25

1 reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s