Apa Nama Sebuah Arti

Pernah jengkel karena apa yang kita katakan tak dimengerti orang lain? Pernah gemetar menahan marah karena kita tahu betul halnya tetapi karena keterbatasan bahasa kita tak bisa mengkomunikasikan pengetahuan itu? Saya punya teman yang sampai opname di rumah sakit karena stress berat mempelajari bahasa dan kultur baru yang dihidupinya. Mempelajari kultur dan bahasa baru barangkali memang bisa menyiksa sebagian orang.

Bisa jadi Zakharia begitu tersiksa selama sembilan bulan karena ia tak bisa berkata apa-apa sementara mendengar begitu banyak percakapan orang-orang di sekitarnya. Kasihan juga Zakharia, tetapi mau apa lagi, begitulah dia dihukum karena ketidakpercayaannya pada warta malaikat Gabriel. Hitung-hitung ya retret 9 bulan deh…. kayak apa ya rasanya; 3 hari diam aja dah stress!!!

Yang menarik, kebisuan Zakharia sirna ketika dia menuliskan nama Yohanes, yang artinya: Tuhan adalah pemberi yang murah hati. Diberilah Zakharia kesembuhan atas kebisuannya selama sembilan bulan. Jika kita ingat kapan Zakharia mulai bisu dan kapan sembuh, kita bisa mengerti bahwa kesembuhan itu tiba ketika Zakharia menaruh kepercayaannya kepada Tuhan. Ia tidak lupa bahwa malaikat Gabriel sudah berpesan supaya anaknya diberi nama Yohanes. Semula ia tak menggubrisnya, boro-boro soal nama, wong soal istrinya bakal hamil saja dia ragu-ragu cenderung tak percaya.

Kepercayaan Zakharia kepada Tuhan itu rupanya juga membuka wawasannya untuk keluar dari tradisi (yang selalu begitu itu): memberi nama baru kepada keturunannya bukan untuk mengingat trah orang tua, melainkan untuk mengingatkan orang pada Allah, sang pemberi yang penuh rahmat.

Menurut tradisi, anak Elisabet itu semestinya diberi nama Zakharia Jr. Zakharia berarti orang yang diingat Tuhan. Fokus acuannya adalah orang. Sedangkan Yohanes, fokusnya ialah Tuhan sang pemberi rahmat. Maka, entah mau mengucapkan Natal atau tidak, Tuhan sang pemberi rahmat tetap tiba bagi semua orang yang percaya, apa pun agamanya.


HARI KHUSUS ADVEN
Selasa, 23 Desember 2014

Mal 3,1-4;4,5-6
Luk 1,57-66

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s