Mau Menyuarakan Apa atau Siapakah?

Orang yang hatinya penuh dengan diri sendiri takkan bisa melihat ‘senyuman’ Tuhan bagi hidupnya. Kita ingat ungkapan “di mana hartamu, di situ hatimu” dan aplikasinya jelas: jika satu-satunya concern kita adalah appearance, perhatian orang lain, panggung yang memberi tepuk tangan, sorak-sorai pujian terhadap diri kita, tidak ada ruang bagi Tuhan di situ.

Orang pertama yang disodorkan oleh Injil Yohanes ialah sosok Yohanes Pemandi yang benar-benar tahu diri. Ia menegaskan dirinya bukan sebagai nabi, mesias, juru selamat, apalagi Tuhan! Ia hanyalah sebuah suara, yang hampir-hampir tak punya kelebihan dari sesuatu yang rendah atau sepele. Tapi, kenyataannya, suara itu malah didatangi banyak orang!

Suara yang diserukan Yohanes tidak sia-sia karena suara itu datangnya dari hati. Hanya suara yang sungguh dari hati bisa mencapai atau meraih hati lainnya dan itulah kekuatan kata-kata Yohanes, kekuatan yang lemah, tetapi mampu menyentuh hati orang yang mendengarnya.

Yohanes adalah saksi kebenaran yang menata hidupnya seturut kebenaran itu. Kebenaran hidupnya memberi kebahagiaan sejati, yang melampaui appearance, melebihi keriuhrendahan pujian. Ia mengerti betul bahwa kata-kata yang disampaikannya itu menjadi skandal, terasa keras bagi banyak orang yang justru merasa diri benar.

Maklum, dia berkoar-koar supaya orang bertobat. Padahal, orang yang merasa diri benar mana pikir soal tobat?! [Makanya perlu dikoar-koarkan supaya orang setidak-tidaknya berpikir] (Linknya tuh klik di sini )


HARI BIASA MASA NATAL
Peringatan Wajib
St. Basilius Agung dan Gregorius dari Nazianze
Jumat, 2 Januari 2015

1Yoh 2,22-28
Yoh 1,19-28

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s