Bukan Karena Rupamu

Paham Allah yang disodorkan kemarin ialah Allah pengampun, bukan penghukum. Penyembuhan orang lumpuh dilakukan bukan dengan menegaskan sakit sebagai akibat dosa, melainkan dengan mengampuni dosanya. Alih-alih membombardir orang dengan aneka tuduhan litani dosa yang menyulitkan hidupnya, Allah menyatakan pengampunan atas dosa-dosa orang itu (yang memang menyulitkan hidupnya).

Hari ini bisa dipetik suatu paham keselamatan yang selaras dengan paham Allah kemarin: keselamatan tidak datang karena kebaikan seseorang. Yang butuh dokter ya orang sakit. Artinya, orang butuh pengampunan sejauh ia merasa diri pendosa. Orang yang berdosa sendiri mesti merasa diri berdosa sebelum ia mencari dan mendapat pengampunan. Akan tetapi, bacaan Injil hari ini tidak menggambarkan Lewi yang aktif mencari pengampunan. Ia sedang ongkang-ongkang di tahta nan nyaman dan Yesus lewat di depan rumahnya. Inisiatif berasal dari Yesus yang memanggilnya untuk ikut.

Atas dasar apa Yesus memanggil Lewi? Saya tak tahu, nanti tanyakan sendiri padanya ya. Akan tetapi, dari situ bisa dipahami bahwa panggilan keselamatan Allah itu tidak didasarkan karena baik-buruknya orang. Sebagaimana Allah bukan Allah penghukum (dengan bencana dan kecelakaan), Dia juga bukan Allah yang bisa disogok dengan aneka kebaikan. Tuhan mencintai manusia bukan karena kebaikan manusia, bukan karena rupa manusia. Dia mencintai siapa saja dan dengan itu manusia menjadi baik.

Problemnya, tidak semua orang mau menerima atau menanggapi cinta-Nya yang sudah ditanamkan dalam hati orang sendiri. Santo Antonius Abas yang diperingati oleh Gereja Katolik hari ini adalah salah satu model umat beriman yang terus menerus menanggapi panggilan Allah dalam hatinya di kesepian biara. Tentu, panggilan Allah itu tak hanya ada dalam kesepian biara, tetapi juga keramaian kota dan bahkan kesibukan orang sehari-hari.


SABTU BIASA I B/1
17 Januari 2015
Peringatan Wajib Santo Antonius Abas

Ibr 4,12-16
Mrk 2,13-17

3 replies

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s