Hari Gini Tuhan Masih Menghukum?

Apa reaksi Anda jika saat menderita sakit berat di rumah sakit, seorang pengunjung datang dan berkata, “Nak, dosamu sudah diampuni”? Ini kiranya pengandaian yang takkan pernah terjadi dalam kenyataan, kecuali pengunjung tadi rada-rada sinting atau hanya bergurau menirukan Yesus. Zaman modern ini kurang memberi tempat bagi suatu relasi antara (kesembuhan dari) sakit dan (pengampunan) dosa (silakan baca catatan mengenai penyembuhan). Akan tetapi, sebagian orang sebenarnya meyakini adanya kaitan erat antara dosa dan penderitaan: mereka yang menghakimi bahwa musibah longsor terjadi karena warganya pemabuk dan penjudi, bahwa tsunami adalah hukuman Tuhan atas dosa-dosa para korban, dan sebagainya. 

Kitab Suci menyodorkan pemahaman mengenai relasi pengampunan dosa dan penyembuhan secara berbeda dari paham relasi musibah-dosa. Dalam pemahaman Kitab Suci, akar penyakit adalah dosa sehingga penyakit itu bisa disembuhkan kalau dosanya dicabut. Lha, sebagian orang ‘modern’ tadi memahami bahwa akibat dosa adalah hukuman Tuhan yang tak bisa lagi dibatalkan; kalau perlu bahkan hukuman itu dilanjutkan setelah orang mati diterjang gelombang laut! Alur logikanya jadi beda: sakit adalah hukuman Tuhan.

Yesus tidak membawa pesan bahwa Allah menghukum orang berdosa dengan aneka penyakit yang melumpuhkan. Sebaliknya, kelumpuhan orang disembuhkannya melalui pengampunan dosa.

Bagaimana orang lumpuh itu sampai pada pengampunan dosa? Melalui usaha keras orang-orang yang menggotongnya dan begitu kreatif mencari jalan supaya ia bisa berjumpa dengan Yesus. Kadang kala, orang butuh bantuan dari sekelilingnya untuk mengalami perjumpaan dengan Kristus itu. Bantuan itu tidak datang dari orang-orang yang masih memegang keyakinan bahwa Allah hobi menghukum orang berdosa (lha wong dosa sendiri sudah memuat konsekuensi kok ya masih ditambahi predikat hukuman Tuhan segala).


JUMAT BIASA I B/1
16 Januari 2015

Ibr 4,1-5.11
Mrk 2,1-12

1 reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s