Some Notes on Healing

Membaca kisah penyembuhan dalam Kitab Suci memang mengandaikan pembaca melepaskan beberapa acuan pemahaman modern mengenai sakit maupun cara menghadapinya. Ada beberapa hal yang pantas dipertimbangkan:

  1. Kisah mengenai orang sakit atau malang dalam Kitab Suci Perjanjian Baru menyodorkan aneka penyakit yang punya konsekuensi serius secara sosial. Sakit kusta misalnya membuat si penderitanya terkucilkan dari hidup keseharian masyarakat.
  2. Bagi masyarakat yang dikisahkan dalam Kitab Suci, pertanyaan pertama mengenai penyebab penyakit adalah “siapa“, dan bukannya “apa“. Maklum saja, wong mereka tidak kenal mikroskop, mereka tidak tahu apa itu virus, kuman, dan penyakit itu sendiri. Maka dari itu, problem penyakit hanya bisa dipecahkan oleh who – “seseorang” (Allah, roh jahat) daripada oleh what – “sesuatu” (suntikan, pil, obat). Bahkan meskipun Yesus menggunakan adonan tanah dengan ludahnya, orang tetap berfokus pada dia (orang) sebagai yang menyembuhkan.
  3. Penyembuhan bagi orang zaman sekarang berarti: mencari obat dan teknik untuk membunuh kuman, menghilangkan kanker atau mungkin cangkok organ. Sementara itu, orang-orang dalam Kitab Suci pertama-tama mencari makna dari pengalaman sakit mereka.
  4. Orang yang disebut sakit dalam Kitab Suci ialah mereka yang tidak mencapai kondisi atau situasi utuh atau integral sebagai manusia. Maka, sehat dalam Perjanjian Baru misalnya, didefinisikan bukan melulu tidak adanya sakit atau kelemahan, melainkan keadaan utuh sebagai makhluk. Konon di wilayah Mediterania lebih ditekankan nilai simply living atau being daripada achieving atau doing. Maka, Yesus menyembuhkan aneka orang sakit supaya mereka memperoleh kepenuhan hidup: yang kusta jadi bersih, yang buta jadi melihat, yang bisu jadi bisa omong. Orang sekarang kiranya berpikir tujuannya bukan bahwa kualitas hidup mereka utuh, melainkan supaya orang itu berfungsi lagi dalam masyarakat untuk memproduksi sesuatu.

To be continued (Some notes on healing 2)

Categories: Reference

Tagged as: , , , , ,

6 replies

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s