Kamu Sakit Apa?

Sudah jelas bahwa pada kisah perwira yang minta kesembuhan hambanya, yang sakit adalah hambanya, bukan perwira itu sendiri. Oleh karena itu, pembaca zaman sekarang akan digoda (digoyang dangdut) untuk fokus pada penyembuhan yang spektakuler: dengan modal omong, dari jarak jauh saja, Yesus menyembuhkan budak perwira itu. Lha, kalau gak fokus ke situ njuk mau fokus ke mana lagi, wong memang cerita pokoknya soal itu kok?

Menurut catatan mengenai perihal penyembuhan (klik di sini kalau lupa): Orang yang disebut sakit dalam Kitab Suci ialah mereka yang tidak mencapai kondisi atau situasi utuh atau integral sebagai manusia. Maka, sehat dalam Perjanjian Baru misalnya, didefinisikan bukan melulu tidak adanya sakit atau kelemahan, melainkan keadaan utuh sebagai makhluk. Kalau begitu, yang sakit bukan cuma budak perwira itu, melainkan juga perwiranya sendiri!

Perwira Romawi memiliki gengsi tersendiri untuk meminta tolong pada orang Yahudi yang dijajahnya. Meminta tolong berarti menunjukkan ketidakmampuan diri orang untuk meng-handle sesuatu. Ia memposisikan dirinya rapuh. Siapa kira tentara Romawi nan ateis ini mau merendahkan dirinya di hadapan Yesus? Siapa kira orang ateis bisa merasa tak pantas bahwa Tuhan sendiri berkenan datang padanya?

Mari kita kira! Bukankah protagonis sejarah semesta ini adalah Allah sendiri? Kalau demikian, roh itu tak hanya bekerja dalam kotak-kotak orang beragama. Bahkan pada diri orang ateis pun Roh mampu bekerja, menggerakkan orang yang tak percaya untuk menjadi rendah hati, melihat keterbatasan dan kerapuhan dirinya.

Lha ironisnya, sementara orang ateis saja bisa melihat kerapuhan diri, orang beragama malah bisa menyumpal Roh itu dan terus menerus berkoar-koar bahwa dirinya lebih baik dari orang lain hanya semata-mata karena agamanya. Tobaaaat….


SENIN ADVEN I B/1
1 Desember 2014

Yes 2,1-5
Mat 8,5-11

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s