Ronda Seumur Hidup

Ronda sesekali dalam satu bulan atau setahun tampaknya bukan perkara berat, tetapi kalau seumur hidup orang mesti ronda, mau jadi apa kalau sudah besar nanti ya? Begadang terus menerus pastilah tidak menghargai nasihat Bang Rhoma Irama dan melek sepanjang malam tanpa berkedip untuk orang normal pastilah tak mungkin; sori, Brow, kita bukan ikan!

Gereja Katolik menyodorkan masa persiapan Natal dengan pesan awal yang jelas: hati-hati dan berjaga-jagalah! Ini pasti pesan tidak ditujukan pada mata supaya tak boleh berkedip, tetapi pada mata batin yang senantiasa waspada. Jadi, ini bukan soal mengarahkan tatapan mata ke atas, melainkan soal kesadaran orang akan mata batin dan kata hati yang ada di pusat kenyataan hidupnya! Omong apa sih?

Sejalan dengan pemahaman bahwa kita adalah makhluk rohani berpengalaman manusiawi, Masa Adven menyadarkan orang bahwa sejak awal, pada dasarnya, protagonis atau peran utama semesta ini ialah Allah sendiri. Sejarah hidup manusia, orang per orang, adalah sejarah bagaimana Allah sendiri bergumul untuk ‘melahirkan’ Diri di dunia ini, laksana inti bumi yang bergejolak mencari-cari saluran untuk menguakkan diri ke permukaan bumi.

Maka, kewaspadaan yang dianjurkan pada hari pertama Masa Adven ini pertama-tama adalah kewaspadaan orang akan protagonis semesta itu. Dengan kesadaran itu, orang tidak besar kepala seolah-olah dirinya adalah sosok terpenting sejarah, tetapi juga orang tidak kecil hati seolah-olah dirinya tak bermakna bagi sejarah. Orang dengan kewaspadaan seperti ini menghayati makna penting dirinya dalam episode besar proyek keselamatan Allah bagi dunia ini. Memang, hidup kita bermakna sejauh terhubung dengan Allah, Sang Aktor Utama.

Semoga dari hari ke hari, orang semakin dimampukan untuk melihat pada kedalaman hatinya, Allah yang mau menjelmakan keselamatan-Nya: melalui pikiran, kata, dan perbuatan yang menyejukkan semua. Amin aja deh!


MINGGU ADVEN I B/1
30 November 2014

Yes 63,16b-17;64,1.3b-8
1Kor 1,3-9
Mrk 13,33-37

1 reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s