Kita Mesti Telanjang

Dulu sekali, salah satu cara tentara Roma memaksa wanita yang gak mau menyangkal kepercayaan kepada Kristus ialah menelanjangi mereka dan membiarkan mereka diserang oleh pemuda-pemuda kota. Santa Agnes, yang diperingati oleh Gereja Katolik hari ini, menjadi salah satu perempuan yang diperlakukan seperti itu.

Akan tetapi, menurut salah satu legenda, rambutnya tumbuh menutupi tubuhnya. Para pemuda kota takut mendekatinya karena terang yang mengelilinginya tetapi akhirnya toh ia mati sebagai martir. Konon, di depan gereja Santa Agnes di Piazza Navona dibuat perapian besar untuk membakarnya, tetapi api itu malah membakar dan melukai banyak orang di sekelilingnya. Hakim putus asa dan memerintahkan hukuman mati dengan penikaman jantungnya. Santa Agnes mati seketika.

Begitulah, kebenaran dan damai yang dihidupi Santa Agnes memang tak membuat dirinya kebal. Masuk akal, wong Kristus yang diikutinya juga gak kebal kok! Kristus yang dipadankan dengan Melkisedek digambarkan sebagai raja kebenaran, dan kebenaran itu menghasilkan damai. Damai karena kebenaran ini memiliki kekuatan dahsyat, tetapi akhirnya tumpul bagi orang yang mata hatinya tertutup.

Menarik juga ya: Yesus itu bisa menyembuhkan kelumpuhan tangan orang, tapi tak bisa menyembuhkan kelumpuhan hati orang Farisi. Kenapa? Karena penyembuhan yang dibuat Yesus benar-benar mengandaikan iman atau kepercayaan orang yang sakit. Repotnya, orang Farisi yang di hadapan Yesus itu matanya bukan hanya gak bisa melihat kebaikan, melainkan juga hatinya memang sudah buta oleh aturan, oleh persoalan boleh gak bolehnya suatu praktik kerohanian. Ini tahap perkembangan iman yang infantil dan tak mendorong kemajuan.

Orang beriman, di hadapan raja kebenaran dan damai, mesti telanjang dan benar-benar bersih seturut usul Ebiet G. Ade.


RABU BIASA II B/1
Peringatan Wajib St. Agnes
21 Januari 2015

Ibr 7,1-3.15-17
Mrk 3,1-6

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s