Ambil Keputusan Brow!

Kasihan juga ya Yesus itu. Dia dikelilingi oleh kongkalikong aneh antara kaum keluarganya dan ahli-ahli taurat yang hendak menghentikannya mewartakan kabar gembira. Kemarin dulu dikisahkan bahwa kaum keluarganya melihat Yesus sebagai orang gila. Hari ini para ahli taurat menyebutnya sebagai orang yang kerasukan setan bermerk Beelzebul!

Tuduhan ini jauh lebih serius dari sekadar menyebutnya gila. Orang gila ya bertindak karena pikirannya sableng, tetapi orang kerasukan setan berarti tindakannya adalah tindakan setan, kekuatan jahat yang mengancam manusia. Akan tetapi, kenapa orang-orang malah gembira dan mendekat kepadanya secara sukarela ya?

Justru itulah persoalan yang mengganggu ahli taurat maupun orang-orang farisi, maka mereka berusaha untuk mendiskreditkan Yesus di depan publik. Mereka meyakinkan orang bahwa Yesus ini kerasukan setan, bahkan bossnya setan, bernama Beelzebul. Akan tetapi, Yesus membantahnya: lha kalau setan diusir oleh bossnya sendiri, njuk mau jadi apa itu kerajaan setan? Pasti hancur gak karuan dong!

Yesus mengajak orang supaya tidak semata menaruh kepercayaan pada kekuatan sendiri secara arogan karena arogansi macam itu akan menyepelekan kekuatan roh jahat dan akhirnya malah menyerah pada kekuatan jahat itu. Awalnya sepele dan orang berpikir nanti toh persoalannya selesai juga; lama-kelamaan yang sepele itu jadi besar dan orang tak sanggup lagi bergerak melepaskan diri dari kekuatan jahat itu.

Di hadapan kekuatan jahat, orang tidak boleh berlama-lama: mesti segera mengambil keputusan untuk menentangnya, entah bagaimanapun caranya sebelum kongkalikong kekuatan jahat itu menjadi rekening gendut…eh…


SENIN BIASA III B/1
26 Januari 2015
Peringatan Wajib St. Timotius dan Titus

Ibr 9,15.24-28
Mrk 3,22-30

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s