Apa Yang Mencolot dari Hatimu?

Jangan bilang siapa-siapa ya, konon anggota mafia di Italia (jangan sebut nama ganknya deh), yang adalah juga konsumen narkoba, setiap tiga puluh tiga menit menghentikan pekerjaan mereka untuk menghormati Yesus Kristus! Kenapa angka 33? Mungkin karena mereka percaya Yesus mati pada umur 33 tahun. Lha kok jedanya 33 menit, bukan 33 jam atau 33 hari? Non lo so! Silakan tanya saja sendiri ke sarang mafianya!

Yang mengherankan tentu ialah bagaimana mungkin para pecandu narkoba itu masih sempat-sempatnya menjalankan ritual adorasi setiap 33 menit padahal pekerjaan utama mereka justru bertentangan dengan Kristus yang mereka puja itu? Tidak jarang terjadi bahwa bos-bos mafia itu malah menjadi event organizer untuk upacara-upacara besar keagamaan di sana! Begitulah, apa yang terjadi di luar adalah cerminan dari apa yang terjadi di dalam batin mereka. Tak ada kriteria baik-buruk dalam hati mereka selain proyek narkoba sehingga agama juga dipolitisir untuk proyek narkoba itu!

Bacaan pertama hari ini menuturkan pesan Allah kepada Adam bahwa buah di taman Eden itu semua-muanya oke, cuma satu yang najis: buah pengetahuan baik-buruk. Loh, ya malah bagus dong kalau tahu mana yang baik dan mana yang buruk, kenapa malah dinajiskan?

Tentunya Allah tidak sebodoh itu dengan pesan-Nya dong ya. Dengan terang bacaan Injil, kita bisa mengerti bahwa bukan buahnya itu sendiri yang najis, melainkan respon dari dalam diri manusia terhadap pengetahuan baik-buruk itulah yang bikin najis. Kenapa? Karena ternyata, dari contoh mafia-33-menit tadi menjadi jelas bahwa tahu mana yang baik dan mana yang buruk tidak otomatis membawa orang memilih dan melakukan yang baik!

Dengan kata lain, kenajisan itu muncul dari dalam, bukan dari luar. Dari hati laki-laki yang ngeres pakaian perempuan macam apa pun bisa jadi santapan libidonya; tetapi, dari hati perempuan yang ngeres pula keluar dorongan untuk ekshibisi, narsis abis dan sebagainya. Babi tentu hewan tak bersalah, tapi ia bisa jadi pemicu saling benci karena hati orang yang ngeres atau pun fundamentalis.

Ya Allah, bantulah kami untuk jujur dengan kata hati yang bersandar pada-Mu. Amin.


RABU BIASA V B/1
11 Februari 2015
Hari Orang Sakit Sedunia

Kej 2,4b-9.15-17
Mrk 7,14-23

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s