Hari Kasih Sayang nan Halal

Entah benar atau tidak, seseorang yang menjadi asisten Einstein pernah dikira sebagai Einstein sendiri dan ia terlibat dalam wawancara mengenai teori relativitas. Ketika topik pembahasan semakin rumit, si asisten itu tentu tak tahu lagi bagaimana menjawab pertanyaan. Ia lalu mengatakan, “Untuk soal itu, saya yakin asisten saya bisa menjelaskannya lebih detil lagi.” Ia lalu meminta Einstein untuk menjawab pertanyaan.

Memang ada perbedaan tipis antara kepasrahan kepada Tuhan dan lepas dari tanggung jawab. Kebanyakan orang mendelegasikan tugas kepada Tuhan dengan sogokan berupa aneka macam doa. Seolah-olah, tanggung jawab manusia ialah mengembangkan ilmu doa yang canggih supaya Tuhan menjalankan tugas-Nya. Ini jelas bukan inspirasi yang diperoleh dari bacaan hari ini.

Adam dan Hawa terusir dari Taman Firdaus karena kesalahan mereka sendiri setelah diperdayai iblis. Mereka terjauhkan dari atmosfer Taman Firdaus yang adalah cinta Allah sendiri. Karena itu, secara metaforis bisa dikatakan bahwa pergumulan hidup manusia sepanjang hayat ialah perjuangan untuk kembali pada atmosfer firdausi tadi. Lha, repotnya, manusia mencari cara sendiri-sendiri untuk pulang kembali ke Taman Firdaus dan tidak semua cara rupanya merupakan jalur yang tepat untuk ke sana.

Hari kasih sayang, kalau mau dipakai sebagai cara untuk pulang tadi, semestinya berangkat dari kasih yang menyelimuti Yesus: hatiku tergerak oleh belas kasihan kepada orang banyak ini. Objek perhatian ada pada orang banyak, bukan lagi kepentingan diri sendiri; dan perhatian itu pun melibatkan orang lain untuk bertindak, bukan terus menerus nyinyir dengan wacana. Itulah jalan menuju kasih sayang yang sebenarnya: menjadi oase saat orang lain hanya melihat gurun pasir.


SABTU BIASA V B/1
14 Februari 2015
Peringatan Wajib St. Sirilus dan Metodius

Kej 3,9-24
Mrk 8,1-10

Posting Tahun Lalu: Possibility of The Impossible

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s