Makin Suci, Makin Banyak Dosa

Teks Injil hari ini termasuk familiar: Yesus tiga kali menanyai Petrus apakah ia mencintai Yesus. Mari kita buat yang tidak familiar. Bayangkanlah, ketika Yesus bertanya untuk pertama kalinya, “Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?” dan langsung sedihlah hati Petrus karena pertanyaan itu lalu berkata kepada Yesus: “Tuhan, Engkau tahu segala sesuatu, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau.” (Yoh 21,17) Apa kira-kira respon Yesus?
Responnya sama: Gembalakanlah domba-domba-Ku. Bedanya, setelah itu Yesus tidak mengulangi pertanyaannya karena rupanya Petrus (jika langsung menanggapi pertanyaan Yesus dengan pengakuan rendah hati atas kekuatan Allah dan kelemahan dirinya) sudah memiliki modal yang baik untuk menjadi gembala bagi kawanan domba.

Ini bisa dikontraskan dengan adegan ketika para rasul itu kasak-kusuk mengenai siapa yang terbesar di antara mereka (bdk. Luk 22,24-26). Pada saat mereka ribut mengenai siapa yang terbesar dari mereka, Yesus malah omong mengenai kepempimpinan sebagai pelayanan. Kebesaran pemimpin tidak terletak pada otoritasnya, tetapi pada pelayanan yang diberikannya. Tak ada pelayanan yang tulus jika landasannya adalah arogansi, keyakinan semu, atau rasa pantas diri. Dua kali Petrus ditanya, dan dua kali pula ia menjawab seolah-olah cintanya itu bisa taken for granted! Ia seolah-olah lupa bahwa belum lama ini ia bermulut besar dan sesumbar untuk membela Yesus sampai mati, tapi kenyataan berbicara lain.

Pun hidup orang beriman justru tak pernah kokoh jika tidak dilandasi oleh kesadaran akan kerapuhan atau ketidakpantasan diri di hadapan Allah. Semakin orang menjadi suci, semakin ia ‘banyak dosa’. Bukan dosanya yang makin banyak, melainkan kepekaannya akan kerapuhan dan ketidakpantasan dirinya yang semakin tajam.


JUMAT PASKA VII
22 Mei 2015

Kis 25,13-21
Yoh 21,15-19

Posting Tahun Lalu: More Than Words

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s