Keterbukaan Kreatif, Keyakinan Naif

Kalau pada ayat penutup Injil Yohanes saja dikatakan: Masih banyak hal-hal lain lagi yang diperbuat oleh Yesus, tetapi jikalau semuanya itu harus dituliskan satu per satu, maka agaknya dunia ini tidak dapat memuat semua kitab yang harus ditulis itu (Yoh 21,25), trus kenapa Injil Thomas, Barnabas, Petrus dan lain-lainnya itu tidak dimasukkan dalam kelompok tulisan Kitab Suci Perjanjian Baru? Bukankah tulisan-tulisan itu justru bisa melengkapi empat Injil itu?

Kriteria pokoknya jelas merujuk pada keyakinan Gereja bahwa wahyu publik sudah selesai dengan matinya rasul terakhir. Maka, aneka macam tulisan yang muncul di kemudian hari tak bisa diterima sebagai bagian dari perwahyuan publik itu. Tulisan-tulisan itu bisa saja memberi inspirasi bagi pembacanya, tetapi karena tak terkait langsung atau bersumber pada pribadi rasul, tak bisa dipakai sebagai Kitab Suci. Tentu ada alasan lainnya, tapi ini kan bukan kuliah Kitab Suci toh?

Penutup Injil Yohanes hari ini menutup masa Paska dan menyiapkan umat Kristiani pada misteri Pentakosta. Bentuk persiapan itu ialah keterbukaan hati atas aneka macam pengalaman iman yang muncul karena gerak Roh Kudus. Setiap orang bisa ‘menulis’ injilnya sendiri-sendiri seturut pengalaman iman seperti itu (maka dari itu takkan mungkin pernah selesai dituliskan; Roh Kudus itu adaaaa aja kerjaan-Nya). Lha, kalau Injil saja bersifat terbuka begitu, mosok orang yang menafsirkannya malah hanya kolot, fundamentalis, radikalis, atau konservatif?

Selamat menyiapkan Pentakosta, semoga hati ini lebih bicara untuk mewartakan gerak Roh yang kreatif dari pada membekukan secuil keyakinan naif.


SABTU PASKA VII
23 Mei 2015

Kis 28,16-20.30-31
Yoh 21,20-25

Posting Tahun Lalu: Mind your own business

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s