Untuk Apa Minta Sembuh?

Belakangan ini disodorkan model umat beriman yang beragam: mulai dari pemuda kaya yang takut kehilangan kepastian hidup (yang toh tetap relatif) dalam genggaman tangan, murid yang cemas akan hasil akhir, sampai rasul yang bercara pandang pendekatan kekuasaan demi melawan penderitaan dalam pewartaan Kerajaan Allah. Hari ini modelnya bernama Bartimeus: seorang pengemis yang buta, yang mengais rezeki dari para peziarah yang hendak naik ke Yerusalem dari Yerikho. Posisinya di jalan di luar Yerikho, di periferi, di pinggiran: gak penting, tak diperhitungkan seperti orang-orang di pusat kota.

Akan tetapi, ketika tahu yang datang adalah Yesus, ia berteriak. Apa teriakannya? Ia tidak minta uang, minta rezeki sesaat. Ia meminta sesuatu yang lebih fundamental: belas kasihan dari orang yang diyakininya bergelar Anak Daud. Dalam tradisi Yahudi, Anak Daud merupakan gelar bagi orang yang memiliki kekuatan untuk menyembuhkan. Kalimat “Kasihanilah aku!” merupakan ungkapan minta kesembuhan, bukan uang atau makanan. Permintaan seperti ini sewajarnya dimohonkan dari rahmat kebaikan Allah sendiri.

Nah, bagi orang-orang lain yang tidak buta alias ‘sehat’ di dekat Yesus saat itu, teriakan Bartimeus itu mengganggu dan mereka menyuruhnya bungkam. Barangkali mereka juga berpandangan bahwa Yesus takkan menggubris orang-orang pinggiran macam Bartimeus ini. Syukurlah, di hadapan Allah yang maharahim, Bartimeus semakin berteriak keras memohon kemurahan hati Yesus. Ia menginginkan kesembuhan dan kesembuhan itu diinginkannya demi mengikuti Yesus sendiri, bukan semata-mata cari sensasi dan mengumbar agenda pribadi. Terbukti, setelah sembuh, ia memang mengikuti Yesus.

Kebutaan Bartimeus menghambatnya untuk berdoa kontemplatif dengan background kemuliaan Allah dalam semesta ini (seperti digambarkan dalam Kitab Sirakh). Kesembuhannya memasukkan Bartimeus dalam kontemplasi sesungguhnya: melibatkan diri dalam hidup Yesus sendiri.


KAMIS MASA BIASA VIII 1/B
28 Mei 2015

Sir 42,15-25
Mrk 10,46-52

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s