Pesta Nyuuuk…

Kalau Anda masuk ke gereja Katolik Kotabaru Yogyakarta, Anda kiranya bisa melihat gambar di bawah ini.
DSCF2059_DxOLukisan itu menggambarkan secara simbolis suasana pesta di Kana yang disajikan dalam bacaan Injil hari ini. Mari kita mulai dari sisi kanan. Warnanya mengesankan suasana panas meskipun orang yang dilukiskan di situ tidak banyak orang: ada saja yang tersisihkan dari permainan kelompok. Ada yang dilukiskan dengan warna sejuk, yaitu Bunda Maria. Naik terus ke atas ada orang berpakaian putih; dialah pemimpin pesta yang mencicipi anggur. Warnanya mulai berubah dan ada pohon yang membatasi dengan area lain dalam pesta. Area lain itu sampai ke kiri bawah dilukiskan dengan warna yang lebih sejuk dan segar. Ada lebih banyak orang yang dilukiskan di situ dan semuanya kelihatan guyub, tak ada orang yang terkucilkan, dikecualikan dari suasana pesta. Di bawah ada sosok yang berpakaian putih, berhadapan dengan Bunda Maria, dialah Yesus.

Pesannya sederhana saja: pesta perjamuan di Kana yang menjadi tanda pertama Yesus itu menggambarkan situasi Kerajaan Allah sendiri, situasi surga: ketika tak ada orang yang terkucilkan, tersingkirkan, dikecualikan; semakin banyak orang yang bisa ikut pesta. Karena itu, undangan hidup surgawi adalah undangan untuk menginklusikan semakin banyak orang berpartisipasi dalam pesta. Undangan ini tak bisa dipenuhi dengan teror, tetapi dengan iman yang rendah hati yang digambarkan oleh Bunda Maria: ia tidak menteror Yesus untuk mengubah air menjadi anggur; ia hanya memaparkan kesulitan yang dialami oleh tuan rumah dan menghubungi para pelayan untuk mengikuti saja apa yang nanti mungkin akan dibuat oleh putranya. Maria mengambil perannya. Yesus juga mengambil perannya. Pesta pun berlangsung memuaskan.

Ya Tuhan, semoga aku semakin menanggapi undangan-Mu untuk merengkuh semakin banyak orang join dengan panggilan surgawi. Amin.


HARI MINGGU PEKAN BIASA II C/2
17 Januari 2016

Yes 62,1-5
1Kor 12,4-11
Yoh 2,1-11

Hari Minggu Pekan Biasa II B/1: Dominus, Wo Bist Du?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s