Manusia Berkerobotan

Pada saat mengetik ini, di depan saya ditayangkan film Astro Boy. Bisa ditebak kira-kira film ini ditayangkan di maskapai apa (gimana nebaknya?). Film ini menarik karena ada protagonis dan antagonisnya. Drama kehidupan memang menjadi menarik dengan adanya protagonis dan antagonis. Tanpa peran itu, rasanya hidup jadi hambar, tak ada dinamika, tak ada alur, tak ada komplikasi, tak ada resolusi, dan sebagainya.

Astro adalah protagonis dalam film Astro Boy, robot yang berperikemanusiaan. Ya, ini adalah film, ada robot yang berperikemanusiaan sebagai protagonisnya. Kenyataan hidup rupanya berbeda dari film: adanya malah manusia yang berkerobotan. Ini protagonis atau antagonis? Bergantung dari sudut mana mau dilihat, bisa jadi protagonis, bisa jadi antagonis; tak perlu diributkan. Akan tetapi, bolehlah ditengok perumpamaan dalam teks bacaan hari ini: karakter yang menghayati protagonisme tanpa Allah.

Mari lihat sebentar saja maksud protagonisme tanpa Allah ini. Seperti sudah dibilang tadi, hidup tanpa protagonis-antagonis itu jadi hambar. Mereka yang jadi antagonis barangkali tidak dengan sengaja memilih jadi antagonis karena maunya tentu jadi hero, jadi pahlawan, jadi tokoh baik dalam hidupnya: mau menjadi pahlawan bagi pujaan hati, bagi buah hati, bagi keluarga, bagi agama, bagi bangsa, dan seterusnya. Sayangnya, justru karena ketambahan -isme, tendensi untuk menjadi protagonis itu sedemikian membabi buta sampai orang merasa bisa jadi protagonis sesungguhnya dalam hidup ini, lupa bahwa protagonis sebenarnya adalah Allah sendiri sebagai sang empunya kehidupan. Pada saat itulah, protagonis jadi antagonis.

Tuhan, mohon rahmat kerendahan hati supaya kami waspada untuk tidak merebut peran utama-Mu dalam hidup kami. Amin.


MINGGU BIASA XXVII A/1
8 Oktober 2017

Yes 5,1-7
Flp 2,1-11
Mat 21,33-43

Minggu Biasa XXVII A/2 2014: Yang Diceraikan Allah, Janganlah Dipersatukan Manusia

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s