Tune in to the Spirit

Minggu Prapaska I A/2

Kej 2,7-9; 3,1-7
Setan itu licik, ia tidak secara terbuka mengajak manusia makan buah terlarang, tetapi menyesatkan gambaran manusia mengenai Allah. Dosa pada dasarnya memuat kesesatan paham mengenai Allah.

Rm 5,12-19
Sebab itu, sama seperti oleh satu pelanggaran semua orang beroleh penghukuman, demikian pula oleh satu perbuatan kebenaran semua orang beroleh pembenaran untuk hidup.

Mat 4,1-11
Injil ini menuturkan kisah terkenal pergumulan antara pribadi yang hidup dalam Roh dan manifestasi setan di padang gurun setelah Yesus tercurahi Roh Allah.


Menurut ahli Kitab Suci, ada macam-macam manifestasi penggoda. Roh Allah membawa Yesus ke padang gurun untuk dicobai oleh penggoda yang tampil sebagai diabolos (Iblis, ayat 1, 5, 8, 11), peirazoon (pembujuk, ayat 3), dan satana (setan, ayat 10). Yang ketiga ini diucapkan oleh Yesus (tetapi dalam terjemahan LAI, kata setan itu cuma dialihkan jadi Iblis), juga sewaktu menghardik Petrus (Mat 16,23 dan Mrk 8,33)

Dengan aneka manifestasi atau cara menggoda itu (diabolos membuat memecah belah pikiran dan mencabangkan hati, peirazoon piawai memanfaatkan alasan palsu dan kebenaran semu, satana berupaya mengarahkan hidup orang kepada setan sendiri), roh jahat berupaya meruntuhkan integritas hidup Yesus supaya Ia menentang Allah. Terhadap ketiga godaan besar itu, Yesus tetap teguh pada bimbingan Roh

Demikianlah, kalau dalam pergumulan manusia pertama roh jahat berhasil meruntuhkan ketaatan manusia, dalam pergumulan yang dikisahkan Injil, integritas satu manusia ini tetap terjaga: jiwa raganya tetap tune in dengan Roh yang membimbingnya. Konkruensi antara jiwa-raga dan Roh rupanya tidak membuat integritas pribadi Yesus tercerai berai, tetap utuh terarah kepada Allah.

2 replies

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s