Altar dan Pasar: Connected!

Senin Prapaska I

Im 19,1-2.11-18
Aneka larangan untuk mencederai orang lain dan perintah untuk mengasihi sesama merupakan sarana bagi umat Allah untuk menjadi solider terhadap Allah sendiri, yang adalah kudus. Umat diharapkan menjadi kudus sebagaimana Allah kudus adanya.

Mat 25,31-46
Apabila Anak Manusia datang dalam kemuliaan-Nya….Raja itu akan berkata kepada mereka yang di sebelah kanan-Nya: Mari, hai kamu yang diberkati oleh Bapa-Ku, terimalah Kerajaan yang telah disediakan bagimu sejak dunia dijadikan. Sebab ketika Aku lapar, kamu memberi Aku makan; ketika Aku haus, kamu memberi Aku minum; ketika Aku seorang asing, kamu memberi Aku tumpangan, ketika Aku telanjang, kamu memberi Aku pakaian; ketika Aku sakit, kamu melawat Aku; ketika Aku di dalam penjara, kamu mengunjungi Aku.


Sudah kaprah bahwa kesucian atau kekudusan dilekatkan pada aneka kegiatan di seputar altar. Ini adalah kekaprahan dalam benak umat beriman yang sangat sederhana dan barangkali belum bisa mempertanggungjawabkan imannya secara rasional. Di lain sisi, juga terjadi kekaprahan bahwa kesucian diidentikkan dengan aneka aktivitas heroik tertentu yang secara laten meminimalkan makna kegiatan di seputar altar tadi. Ini adalah kekaprahan dalam benak umat yang memahami Gereja sebagai Lembaga Swadaya Masyarakat.

Kesucian dalam tradisi kristiani ialah bahwa yang kaprah dalam kelompok pertama tadi tersambung dengan yang kaprah dalam kelompok kedua sehingga keduanya tidak saling meniadakan. Orang boleh saja getol dengan aneka kegiatan sosial tetapi nilai heroismenya tak berarti apa-apa dalam kerangka iman. Orang boleh saja sedemikian aktif dengan aneka kegiatan di seputar altar tetapi makna rohaninya nol jika roh kegiatan itu tidak terpercikkan dalam kegiatan sosial, relasi dengan sesama.

Gouda townhall

Pokoknya, kesucian orang (Kristiani) letaknya justru pada sinkronisasi, pada sifat sakramental dari aneka kegiatan lahiriahnya, entah di seputar altar maupun di tengah pasar!

5 replies

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s