Mau Jadi Kambing atawa Domba?

Bacaan pertama hari ini berisi aneka perintah Allah yang dikenal luas melampaui agama Kristen. Rumusannya kira-kira berbentuk perintah dan larangan: lakukanlah ini dan janganlah begini. Pesannya jelas, tak perlu bertele-tele dengan penafsiran; pokoknya jalankanlah perintah Allah dan jauhilah larangannya! Sesederhana itu.

Akan tetapi, jika kita lihat bacaan kedua hari ini, persoalannya tidak sesederhana itu. Bacaan menggambarkan suasana hari pengadilan terakhir. Pada hari itu dikumpulkan semua saja tanpa sekat-sekat agama, suku, bahasa, dan aneka segmentasi lainnya. Dari mereka itu disortir untuk masuk surga dan neraka. Siapa yang menyortir? Rupanya Raja yang pernah hidup di dunia. Apa kriteria Dia menyortir manusia jadi semacam domba (untuk dibuat steak di surga) dan kambing (untuk dibuat sate di neraka)? Bukan agama! Bukan juga apa yang telah dijalankannya dan apa yang dijauhinya di dunia!

Wah, trus apa dong, Raj?
Pemberian kavling di surga tidak dilakukan sebagai ganjaran atas perbuatan-perbuatan baik mereka di dunia, tetapi karena relasi (yang menyelamatkan) mereka dengan sang Raja itu sendiri. Orang-orang yang benar akan mewarisi tempat di surga bukan karena perbuatan amal kasih mereka di dunia ini, melainkan karena kebenaran mereka muncul dari hati yang tertransformasi sebagai tanggapan terhadap pewartaan mengenai Kerajaan Allah.

Dari hati yang transformatif itulah orang bisa mengenali wajah Allah di balik penderitaan. Maka dari itu, penderitaan tak pernah dihindari dalam ajaran Kristen (meskipun juga tidak dicari). Di balik wajah cemberut, tubuh yang tercabik, orang-orang terpenjara, terdera penyakit, Allah melambai-lambaikan tangan-Nya dan orang beriman diminta memberi respon. Lha, respon yang tepat hanya mungkin muncul kalau orang melihat dari hati, mendengar dari hati. Hmmm…. cari penyakit aja nih!



HARI SENIN PRAPASKA I
23 Februari 2015

Im 19,1-2.11-18
Mat 25,31-46

Posting 2014: Altar dan Pasar: Connected!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s