Divide et Impera, Hari Gini?

Perbedaan memperkaya, pemisahan mempermiskin hidup.
Divide et impera adalah bentuk imperatif untuk kata membagi-bagi/memisahkan, dan memerintah. Ini strategi yang konon diterapkan kumpeni Belanda untuk menjajah Indonesia, dan sukses abis… Tuhan dalam nubuat Yehezkiel membuat langkah yang berkebalikan: Ia menyatukan Yehuda dan Israel dengan menjadi Allah mereka. Dua bangsa ini akan saling bantu, tanpa kepentingan terpisah, tanpa keirihatian dan dendam atas yang sudah lalu.

Allah yang menyatukan bangsa manusia ini rupanya juga bekerja mengatasi intrik-intrik manusia melalui Yesus Kristus. Mukjizat yang dibuat Yesus, seperti biasa, menimbulkan simpati kepada orang yang percaya dan membuat antipati orang yang tak percaya. Intrik itu ada pada kelompok yang antipati terhadap Kristus, mulai dari informan sampai imam tertinggi, Kayafas. Kayafas menegaskan ungkapan terkenal: lebih berguna bagimu jika satu orang mati untuk bangsa kita daripada seluruh bangsa kita ini binasa.

Kayaknya Kayafas sendiri gak ngerti apa yang dia omongkan, sebagaimana diinsinuasikan Yohanes. Itu adalah nubuat bahwa Allah, melalui kematian Yesus, menyatukan bukan cuma bangsa Israel, tetapi semua anak-anak-Nya yang terpisah-pisah. Siapa yang memisah-misahkan anak-anak Allah itu? Ya sebetulnya mereka sendiri, yang sejak saat itu semakin keukeuh untuk membunuh Yesus. Beginilah akhir masa prapaska, menjelang pekan suci: orang ditantang untuk melihat apakah ia mau masuk dalam kesatuan dengan Kristus (yang menjadi jalan Allah untuk menyatukan bangsa manusia), atau malah kerasukan roh Kayafas dan orang-orangnya yang dengan segala konspirasi hendak menumpas niat baik Allah dengan aneka modal: gosip, kritik tanpa kasih, kelekatan kepada harta milik, dan kekuasaan.

Barangkali ini roh Kayafas dan kroco-kroconya yang kelihatan dengan membandingkan caleg-caleg sebelum dan setelah pemilu: ada yang minta kembali uangnya, kompor gasnya… Orang pikir diri sendiri, kelompok sendiri, kepentingan sendiri…

MO_monumentSABTU PRAPASKA V
12 April 2014

Yeh 37,21-28
Yoh 11,45-56

1 reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s