Umat Menggembalakan Imam?

Apa tugas imam? Jika pertanyaan ini dilontarkan kepada umat pada umumnya akan dijawab kurang lebih: mimpin misa, menikahkan mempelai, memberi minyak suci, mendoakan umat, dan sejenisnya.  Pokoknya, pastor itu urusan altar deh, bukankah urusan pasar sudah ditangani oleh awam? Pastor di gereja paroki bahkan tak wajib memasak sendiri untuk makan dan bisa jadi ada pastor yang jadi kayak bos besar! Urusan makan dan lain-lain sudah dibereskan umat, pastornya tinggal bikin misa, mendengarkan pengakuan dosa, menikahkan pasangan, dan sejenisnya.

Akan tetapi, job description seperti itu tidak pernah memuaskan saya sebagai imam karena uraian tugasnya jelas hanya mengacu pada seremonial agama (Katolik). Meskipun memang imam menjadi pemimpin aneka upacara sakramental, tugas imam semestinya lebih dari sekadar menjalankan seremoni. Master of Ceremony pun tugasnya bukan sekadar time keeping. MC yang baik sungguh-sungguh menguasai seremoni: apa maksud (up)acara yang dipandunya, siapa audiensnya, berapa lama acaranya, apa saja dan bagaimana acara disusun, bla bla bla.

Begitu juga halnya tugas imam; ia memang punya job memimpin aneka seremoni religius, tetapi imam yang baik mestilah menangkap inti seremoni yang dipimpinnya dan ia menjadi jembatan yang menghubungkan audiens dengan tujuan seremoni itu, yaitu Allah sendiri. Tugas utama imam justru menjadi gembala yang mengantar umat untuk masuk dalam relasi personal dengan Allah sendiri. Hal-hal lainnya menjadi sekunder, termasuk seremoni-seremoni sendiri menjadi relatif: bukan satu-satunya cara untuk menjembatani pribadi Allah dan manusia. Imam bisa menjalankan tugas itu dalam aneka kegiatan biasa yang non seremonial sejauh ia sungguh-sungguh menyadarkan umat untuk masuk ke dalam relasi pribadi dengan Allah, bukan semata dengan dirinya sendiri sebagai gembala.

Lha, kalau begitu, sebetulnya bukan cuma imam kan….semua umat beriman dipanggil untuk menjadi jembatan antara sesama dan Allah: ortu membantu anak, guru membantu murid, dan bisa jadi umat membantu imam!


MINGGU PASKA IV A/2
11 Mei 2014

Kis 2,14.36-41
1Ptr 2,20b-25
Yoh 10,1-10

1 reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s