Just do what you do!

Ada orang yang menikmati pengangguran, tetapi lebih banyak orang yang tampaknya tidak krasan dengan keadaan menganggur. Bacaan Injil hari ini mengumpamakan Kerajaan Allah seperti satu hari kerja dari pagi sampai sore dengan besaran UMR yang terukur. Dengan upah itu orang sudah berkecukupan. Tidak ada problem dengan UMR ini, semua yang bersepakat kerja tidak mempersoalkan UMR itu. Persoalan muncul ketika buruh yang datang sore hari mendapat UMR juga!!!

Seandainya hidup kekal adalah satu hari kerja itu, berarti sepanjang hidup-mati manusia adalah momen panggilan Tuhan: Dia selalu memanggil setiap orang, setiap saat. Ada yang datang sejak pagi, ada yang datang belakangan. Akan tetapi, sudah lumrah bahwa orang yang datang awal menaruh cemburu dan iri hati kepada orang yang datang belakangan karena sama-sama mendapat UMR, dan rupanya hukum Tuhan bertentangan dengan kelumrahan itu!

Ada saja orang yang menghayati hidup beragamanya seperti para tukang yang sepakat dengan UMR di awal dan hatinya mendidih karena tukang lain yang baru masuk siang tidak dikurangi bayarannya! Siapa mereka? Yang menjalankan hidup beragamanya dengan sebaik-baiknya (menurut ukuran dia) dan mengidealkan bahwa semua orang harus seperti dia: harus beragama Kristen, harus Katolik, harus Islam, harus Budhis, harus Hindu, dan sebagainya. Orang seperti ini tak bisa membayangkan bahwa orang yang tak seagama dengannya bisa diselamatkan oleh Allah. Orang seperti ini justru ada dalam bahaya ateisme praktis yang tak bisa bersyukur dan menempatkan dirinya di atas Allah yang maha pengasih dan penyayang! Ia tak percaya bahwa Allah bisa melakukan apa saja dengan kemurahan hati-Nya dan kiranya iri hati merajai dirinya.

Tuhan, bantulah aku untuk menanggapi panggilan-Mu dan membiarkan kemurahan hati-Mu menyentuh siapa saja yang Kauinginkan dengan cara-Mu sendiri.


RABU BIASA XX A/2
Peringatan Wajib St. Bernardus
20 Agustus 2014

Yeh 34,1-11
Mat 20,1-16a

1 reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s