Tsunami Warning

Kurang lebih satu bulan lalu sudah dibacakan Injil yang diambil untuk hari Minggu ini, mengenai correctio fraterna. Akan tetapi, pada hari Minggu bacaan mengenai tegur-menegur itu diberi bingkai Surat Paulus kepada Jemaat di Roma juga, selain Kitab Yehezkiel.

Bacaan pertama memberi konteks tugas seorang penjaga: bisnisnya seperti tsunami warning. Ia mengingatkan adanya bahaya publik. Kalau berfungsi baik dan jebulnya masih ada yang tak memedulikannya dan tersapu tsunami, sekurang-kurangnya ia sudah menjalankan bisnisnya. Alat peringatan tsunami itu tidak dirancang untuk berlari mendahului air laut dan mengantongi orang-orang supaya beranjak ke bukit yang jauh dari garis pantai. Kenapa? Ya orang kan sudah punya kaki, sepeda, motor, mobil, dll; biar saja pergi sendiri toh!

Karena itu, penjaga tak perlu galau-galau amat kalau orang yang diingatkan itu mbalelo atau tak menggubris peringatan. Prihatin oke, tapi tak perlu merasa bahwa segala-galanya ada di tangan penjaga. Kita ingat bahwa setiap orang bertanggung jawab atas jiwanya sendiri. Tiap orang menjadi co-creator atau co-worker Allah. Dengan kata lain, tiap orang juga sebetulnya adalah penjaga, seberapapun kadarnya. 

Apa tolok ukur penjaga memberikan peringatannya? Menurut bacaan kedua: bukan sekadar soal apakah orang memenuhi aturan hukum (memenuhi kewajiban dan menjauhi larangan), melainkan soal prinsip yang mendasari aturan hukum tadi, yaitu mengasihi sesama manusia seperti diri sendiri. Ketika orang membalas fitnah dengan teguran kasih sayang, membalas kekerasan dengan kelemahlembutan, menanggapi keserampangan dengan kesabaran, secara tak langsung ia memberi teguran juga (dan lebih bagus lagi kalau teguran itu dieksplisitkan).

Prinsip kasih inilah yang diharapkan menjadi titik tolak teguran dan orang tak perlu memaksakan diri atau kecewa atau merasa diri gagal: kegagalan diakui dalam kasih, tetapi tidak menghancurkan!


MINGGU BIASA XXIII A/2
7 September 2014

Yeh 33,7-9
Rm 13,8-10
Mat 18,15-20

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s