Pengikut Kristus Gak Mutu

Pernah dengar ungkapan air tuba dibalas dengan air susu? Tidak populer sih memang, tetapi itulah yang ditawarkan Yesus. Sejak memilih murid-murid pertamanya, Yesus sudah mengetahui bahwa orang-orang yang dipilihnya itu bukan orang yang reputasi karakternya sangat menonjol. Memang tidak semuanya jelek, tetapi sekurang-kurangnya mereka bukanlah tokoh protagonis yang memiliki karakter kuat untuk, katakanlah, suatu perusahaan jasa yang efektif dan efisien. Yesus membuat perbedaan: ia memilih rasul bukan dengan tolok ukur pencapaian duniawi. Ia lebih peduli soal merambatnya nilai-nilai keilahian dan ia tahu justru lewat rasul yang dipilihnya, perambatan itu lebih berbunyi daripada kesuksesan bisnis manapun.

Petrus Klaver, seorang jesuit Spanyol yang menjadi misionaris bagi budak Afrika di benua Amerika, memiliki kepekaan terhadap human trafficking di benua itu. Ia berjuang mati-matian untuk mendampingi korban jual beli budak sampai akhirnya ia pun jatuh sakit. Siapa yang semestinya merawatnya? Justru ‘budak’ yang menjadi salah satu bagian dari yang dibelanya, yang memang dibayar untuk bekerja di komunitasnya. Konon, Petrus Claver diperlakukan sangat buruk oleh pelayan rumah tangga itu sampai sakitnya parah karena kelaparan juga dan akhirnya mati.

Selama diperlakukan buruk itu, Petrus Claver sama sekali tidak mengeluh dan sebenarnya dengan mudah ia bisa saja meminta pelayan lain; tetapi ia menerima seluruh perlakuan buruk itu sebagai silih atas dosanya. Bodoh, kan?
Mungkin saja.
Tapi setelah meninggalnya, sangat banyak warga kota dari berbagai kalangan yang memberikan penghormatan kepada perjuangannya.

Demikianlah, dunia menerapkan peribahasa “air susu dibalas dengan air tuba” tetapi pengikut Kristus mengambil arah yang sebaliknya: air tuba dibalas dengan air susu. Enak, bukan? (terutama bagi yang sukak susu).


SELASA BIASA XXIII A
Peringatan St. Petrus Klaver SJ
9 September 2014

1Kor 6,1-11
Luk 6,12-19

1 reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s