Mereka Itu Bajingan

Untuk mengetahui bajingan itu apa, Anda tidak perlu mengikuti sidang DPR, apalagi berjuang mati-matian melawan kantuk untuk menanti keputusan sidang bahwa pilkada ke depan akan lewat DPRD! Lebih baik dan lebih berharga waktunya dipakai untuk menonton pertandingan sepak bola liga di Eropa bahkan yang tidak prestisius sama sekali. Sekali lagi, untuk mengetahui apa itu bajingan, tak perlulah memonitor bagaimana anggota-anggota DPR itu berargumentasi. Mestinya akan ada reportase toh. Tak menonton langsung pun tak ada ruginya seperti kalau orang kehilangan momen menonton siaran langsung tim kesayangannya bertanding!

Saya beri clue-nya: bajingan itu ada hubungannya dengan sapi! Orang Jawa tulen mengerti hal ini. Saya sendiri, karena tidak merasa tulen, tidak merasa sangat terlambat ketika mengerti arti bajingan setelah umur saya berkepala empat! Lalu, kenapa mengaitkan pengetahuan tentang kata bajingan itu dengan sidang DPR?

Di gedung DPR tampaknya memang tak ada sapi dan bajingan juga bukan sapi. Bajingan itu orang. Orang ini duduk di atas gerobak yang ditarik oleh sapi. Bajingan inilah yang bisa mengendalikan sapinya. Nah, soal mengendalikan dan dikendalikan sih masih bisa diberi keterangan panjang lebar. Pokoknya, bajingan ini bisa mengatur bagaimana sapinya berjalan untuk membawa dirinya di atas gerobak itu. Jadi, bajingan itu sama sekali bukan makian.

Pernah seorang Amerika bertanya pada saya dengan bahasa Indonesia, “Kamu bajingan dari mana?”
Saya sama sekali tidak marah bukan karena saya tahu arti kata bajingan. Malahan saya terkejut karena kata bajingan memang terdengar kasar di telinga saya. Akan tetapi, saya memaklumi orang Amerika ini karena saya anggap dia salah memahami konteks atau ada orang yang sengaja mengajarinya begitu. Dengan mantap saya jawab, “Saya bajingan dari Klaten!” Saya juga bisa memaklumi kalau ada orang yang secara eksplisit mengaitkan bajingan itu dengan anggota-anggota DPR yang semalam menjadi aktor utama drama politik tahun ini.

Akan tetapi, setidaknya ada dua kemungkinan mengenai orang yang mengatakan ‘mereka itu bajingan’. Pertama, mungkin orang yang mengaitkan bajingan dengan anggota-anggota DPR itu punya kemampuan menerawang sapi yang jelas-jelas tak ada di ruangan sidang! Mungkin mereka tahu di mana posisi sapi-sapi itu, entah sebagai barang bukti, entah sebagai roh sapi yang gentayangan di ruang sidang. Kedua, mungkin mereka mau mengumpat anggota-anggota DPR itu.

Entah mereka itu bajingan atau bukan, mbok ya eling, tobat…tobat… Mau sampai kiamat mencari kesia-siaan, atau malah mau menciptakan kiamat itu sendiri?

2 replies

  1. Mau sampai kiamat mencari kesia-siaan, atau malah mau menciptakan kiamat itu sendiri? <—mas Bro..penutup Jenengan ini juga kesia-siaan lho..bajingan kok dinasihati..mending mendidik para sapi agar berani melawan bajingan..bukan begitu mas Brow?

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s