Mau Muntah sebelum Blusukan?

Nama Martin(us) saya kenal sewaktu SD dan yang mengiang di kepala saya ialah sosok bermantel dan berkuda (mungkin semilyar harganya) dan membelah mantelnya untuk diberikan kepada gelandangan yang kedinginan di jalan. Bayangan itu tidak menyentuh saya sebagai tindakan heroik. Biasa aja, seperti orang memberi sedekah kepada orang miskin, apa susahnya dan apa heroiknya jika dilakukan oleh orang yang beruang banyak dan berposisi tinggi? Itu tidak mengusik status quonya.

Berpuluh tahun kemudian (kok rasanya umur saya sudah lima puluhan ya) baru saya mengerti bahwa tindakan itu heroik karena tindakan membelah mantel itu tidak selumrah yang saya bayangkan. Saya baru tahu bahwa orang benar-benar bisa mati karena kedinginan dan pakaian yang komplet begitu penting untuk status orang ‘berpendidikan’.

Yang dilakukan Martinus (sebelum menjadi imam dan uskup) tentu tak ada dalam aturan ketatanegaraan atau hukum sipil dan kiranya tindakan itu bisa jadi standar moral yang bisa dipenuhi oleh siapapun.

Bacaan pertama hari ini menyodorkan standar moral yang bisa diterima oleh setiap orang yang berkehendak baik: sederhana, terhormat, bijaksana, tidak memfitnah, rajin mengatur rumah tangga, dan sebagainya. Akan tetapi, bahkan setelah memenuhi semua standar moral itu, dengan insight bacaan Injil, umat beriman tak bisa menyombongkan moralitasnya dan malah mesti menerima diri di hadapan Tuhan bahwa dirinya ‘hanyalah hamba tak berguna’!

Demikianlah, agama bukan pertama-tama urusan moral baik dan buruk: ia menuntun orang untuk menimba inspirasi baik buruknya dari relasi pribadinya dengan Tuhan dan aneka perjumpaan dengan wajah penderitaan sesama. Itu gunanya blusukan dan mohon awas jika Anda sudah mulai mau muntah dengan blusukan ya! Barangkali Anda stagnan dengan hidup yang ‘asal memenuhi aturan’ dan asal babe senang…. Hidup macam itu tidak menunjukkan kedalaman iman, apapun label agama yang dicetak di KTP!


SELASA BIASA XXXII
Peringatan Wajib St. Martinus dari Tours
11 November 2014

Tit 2,1-8.11-14
Luk 17,7-10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s