Mau Alih Profesi?

Atlet profesional pada umumnya memiliki dedikasi tinggi untuk pengembangan profesinya. Yang tak berdedikasi tinggi biasanya beralih profesi: jadi artis atau foto model, misalnya. Karena itu, prestasi olah raganya stagnan, tak berkembang. Ini juga berlaku untuk profesi lain. Profesi yang digeluti semata untuk kepentingan narcisistik (mendapat pujian dan popularitas, misalnya) pada waktunya akan tumpul, tak menggema dalam hati orang banyak.

Bacaan-bacaan hari ini menyajikan program profesi Yesus: untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang. Tak terselip di situ satu program yang bersifat narcisistik. Memang ia jadi populer, tetapi popularitas bukan targetnya. Popularitas itu muncul sebagai konsekuensi profesinya. Targetnya adalah kebebasan, kesembuhan, pengampunan, keadilan bagi sesama.

Bahkan tidak termaktub dalam program profesi Yesus itu suatu agenda untuk membesarkan agama Yahudi. Ia ‘membela Tuhan’, dan itu satu keping dengan perjuangan pembebasan sesama yang tertindas, sakit, terpenjara, tertimpa ketidakadilan. Membela Tuhan adalah membela kemanusiaan. Itu kiranya yang dimaksudkan dalam ungkapan penulis surat Yohanes: Jika orang berkata: “Aku mengasihi Allah,” dan ia membenci sesamanya, maka ia adalah pendusta. Jelas dong, kalau terhadap sesama  yang kelihatan saja orang tak bisa mengasihi, bagaimana mungkin ia bisa mengasihi Allah yang tak kelihatan?

O ya bisa, bukankah mengasihi Allah itu cukup dengan doa, ibadat, puasa? Jelas tidak! Agama yang waras pasti memberi tempat pada dimensi sosial: ada amal kasih, sedekah, dan sebagainya yang jika direfleksikan secara mendalam akhirnya bermuara pada program profesi  yang dinyatakan Yesus pada permulaan dinasnya.


HARI BIASA SESUDAH PENAMPAKAN TUHAN B
Kamis, 8 Januari 2015

1Yoh 4,19-5,4
Luk 4,14-22a

1 reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s