Bukan Gaya Murahan

Kalau orang mendengar khotbah supaya umat beriman menunjukkan keimanannya dengan rajin menabung, menjaga kebersihan, suka membantu sesama, tidak pelit, ia boleh merasa sedang diberi nasihat-nasihat moral. Akan tetapi, jika ditawarkan kepadanya, “Hendaklah kamu murah hati, seperti Bapamu murah hati,” ia tidak sedang disodori nasihat moral. Yang disampaikan kepadanya adalah suatu style of life.

Menjadi murah hati bukanlah pertama-tama soal kalau punya uang lebih lalu memberikannya kepada orang miskin. Itu bisa jadi salah satu wujudnya, tetapi bukan itu poinnya. Ada orang yang memberikan sesuatu bagi orang miskin dari kekurangannya. Artinya, tindakan itu tidak muncul karena ia punya kelebihan, melainkan karena ada dorongan untuk mengungkapkan cinta yang ada dalam dirinya. Cinta tak mungkin muncul tanpa relasi, maka kemurahan hati itu tidak bisa tidak munculnya dari relasi dengan sumbernya.

Relasi dengan sumber cinta itulah yang boleh disebut sebagai pengalaman akan cinta. Orang yang tak punya pengalaman cinta, juga takkan memiliki kemurahan hati. Orang yang tak punya pengalaman cinta ini juga tak punya pengalaman pertobatan karena relasi dengan Allah senantiasa menguak keadaan bahwa dirinya senantiasa ada dalam kerapuhan dan kerapuhan itu hanya bisa ditebus dengan pertobatan.

Tuhan, ajarlah aku berhati luhur sebagaimana pantas bagi-Mu. Ajarlah aku memberi tanpa pamrih, berjuang tanpa mengeluh kesakitan, dan bekerja tanpa mengharapkan upah. Ajarlah aku menyerahkan diri sepenuhnya kepada kehendak Allah, sebab satu-satunya yang kuharapkan ialah hasrat yang tulus untuk melaksanakan kehendak-Mu di dalam segala-galanya. Amin.



HARI SENIN PRAPASKA II
2 Maret 2015

Dan 9,4b-10
Luk 6,36-38

Posting Tahun Lalu: Solidaritas dan Arogansi Terselubung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s