Logika Kuasa Gak Jalan

Ada baiknya para penguasa belajar logika yang bukan merupakan logika kekuasaan karena kerapkali logika itulah yang menjadi sebab kekuasaannya sendiri jadi tak langgeng; atau kalau langgeng, ia dikenal sebagai penguasa rezim otoriter. Akan tetapi, logika kekuasaan tidak cuma dipakai oleh penguasa politik. Setiap orang bisa saja menghidupi logika kekuasaan itu dan dengan logika itulah sebenarnya orang mengacaukan keindahan hidup ini.

Ceritanya sederhana. Raja Aram dengan sopan meminta Raja Israel untuk menyembuhkan Naaman yang terkena sakit kusta setelah menerima informasi bahwa di Israel ada nabi yang bisa menyembuhkan. Dia mengakui otoritas Raja Israel dengan berkirim surat itu (dan tidak membiarkan Naaman langsung menemui Nabi Elisa). Kalau dirasa-rasakan isi suratnya juga sopan. Tapi apa reaksi Raja Israel? Raja Israel geram dan menganggap permintaan Raja Aram itu sebagai provokasi: cari gara-gara!

Naaman yang datang kepada Elisa pun gusar karena Elisa cuma menyuruh pembantunya menemui dirinya. (Aku ini orang penting mosok cuma pesuruh yang menemui aku!) Lebih menghina lagi, pesuruh itu menyampaikan pesan Elisa supaya ia mandi tujuh kali di Sungai Yordan. (Nek ngono wae aku ya bisa mandi di Kali Code. Memangnya sungai itu cuma Yordan!)

Syukurlah, ada Elisa yang mengingatkan Raja Israel pada peran nabi Allahnya dan ada pegawai-pegawai Naaman yang punya common sense untuk mengajak Naaman kembali pada maksud kedatangannya menemui Elisa. Orang-orang ini mengingatkan mereka pada prinsip dasar hidup dan tidak dikacaukan oleh aneka reaksi yang dilandasi oleh logika kekuasaan: menang-kalah dan untung-rugi.

Logika yang disodorkan Yesus berlawanan dengan logika kekuasaan: pelayanan dan pengabdian. Tanda dan mukjizat Allah tak pernah dimaksudkan untuk memenuhi hasrat kekuasaan. It hurts too much to face the truth dan karena itu tak ada nabi yang dihormati di negerinya sendiri.


HARI SENIN PRAPASKA III
9 Maret 2015

2Raj 5,1-15a
Luk 4,24-30

Posting Tahun Lalu: Change the way of thinking

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s