Bagi-bagi Dong

Jika Allah tak masuk dalam sejarah manusia pasca penciptaan, Ia pantas jadi fosil dan objek pergunjingan para spesialis sejarah maupun orang lain yang kepo terhadap masa lalu: apakah penyeberangan Laut Merah benar-benar terjadi, di manakah Taman Firdaus, benarkah Nabi Nuh bikin kapal pesiar untuk menampung aneka hewan, benarkah Yesus mati, apakah ia sungguh bangkit, dan lain sebagainya.

Saya lebih krasan dengan Yesus yang tidak bangkit tetapi menjadi jembatan sungguh antara Allah dan manusia daripada Yesus yang bangkit tapi jadi objek wacana belaka. Lha, apakah dia jadi jembatan atau objek wacana, akhirnya bergantung dari, sekali lagi, relasi pribadi orang dengannya. Repotnya, relasi pribadi dengannya itu hanya bisa dibangun dengan keterlibatan umat beriman dalam sejarah manusia.

Kisah pemberian makan kepada ribuan orang mengandaikan keterlibatan murid yang serba terbatas. Dari para murid diperlukan suatu transformasi: mengakui keterbatasan diri, mensyukurinya, membiarkannya dipecah-pecah dan dibagikan. Itulah misteri Ekaristi dan begitu pula frame yang semestinya dipakai umat beriman dalam merayakan Ekaristi. 

Ikut merayakan Ekaristi berarti soal menimba rahmat untuk membagikan diri, bukan rahmat untuk kenikmatan diri sendiri (bagaimanapun dirumuskan: cari jodoh, biar merasa lega karena sudah kebiasaan seperti sikat gigi, status, kemudahan fasilitas, dapat penghargaan, dan sebagainya). Ikut misa berarti orang menimba kekuatan rahmat untuk diutus menularkan api, menyambungkan roh kehidupan kepada orang lain (bukan roh kasak-kusuk, curiga, prasangka, pesimisme, ketakutan, dan sejenisnya).

Tuhan, semoga aku semakin mampu melihat kerapuhanku sebagai sarana-Mu untuk hadir dalam sejarah hidupku dan sesama. Amin.


HARI SENIN BIASA XVIII B/1
3 Agustus 2015

Bil 11,4b-15
Mat 14,13-21

Posting Senin Biasa XVIII A/2 Tahun 2014: Bukan Soal Multitasking Brow

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s