Mau Jadi Bebek?

Bacaan pertama dan kedua tampaknya bisa dilihat sebagai gambaran sosok pribadi yang menginginkan kualitas tertentu seperti yang dimiliki orang lain. Motifnya memang berbeda, tetapi sama-sama gagal paham.

Miriam dan Harun berpikir maju: masak iya Tuhan bicara cuma melalui Musa? Ia pasti bisa dong mewahyukan Diri lewat kita, bahkan kelak orang akan terima bahwa lewat agama lain pun Tuhan menyampaikan kebenaran-Nya! Iya, kan? Jadi kenapa kita mesti bergantung pada Musa ini?

Petrus hendak meyakinkan dirinya bahwa yang menampakkan diri di danau itu bukan hantu, melainkan Yesus. Maka, ia minta bukti: kalau ia menyuruhnya datang mendekat pasti Petrus juga bisa mendekat pada Yesus. Betul saja. Yesus mengundangnya dan Petrus memang berjalan di atas air, tapi waktu angin lebih kuat dan kakinya mulai masuk ke dalam air, ia toh ketakutan.

Petrus gagal paham: ia berfokus pada aksi berjalan di atas air, padahal tadinya ia mohon supaya diminta datang mendekat pada Yesus. Miriam dan Harun gagal paham: mereka pikir Allah tidak mengenal keunikan tiap pribadi dan pukul rata saja bahwa semua orang bisa langsung berhubungan dengan-Nya tanpa mediasi.

Yohanes Maria Vianney yang diperingati Gereja Katolik hari ini adalah sosok yang mengerti panggilan pribadinya: ia tak mengharapkan hal-hal spektakuler dari dirinya; ia ingin orang yang datang padanya juga sampai pada relasi pribadi dengan Tuhan.

Ya Tuhan, semoga aku semakin mengerti bagaimana Engkau memanggil aku dan bagaimana aku menanggapinya, tanpa jatuh dalam godaan untuk membanding-bandingkan diriku dengan yang lain. Amin.


HARI SELASA BIASA XVIII B/1
Peringatan Wajib St. Yohanes Maria Vianney
4 Agustus 2015

Bil 12,1-13
Mat 14,22-36

Posting Selasa Biasa XVIII A/2 Tahun 2014: Kebenaran Menajiskan Hati Yang Korup

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s